Air Terjun Kapas Biru, Nirwana di Lereng Semeru

Air Terjun Kapas Biru, Nirwana di Lereng Semeru | esokharinanti.com - Berbicara di kawasan lereng semeru memang terkenal dengan banyak Air Terjun, yang memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Salah satu destinasi yang di kenal di kawasan tersebut ialah Air Terjun Kapas Biru selain itu juga ada Air Terjun Tumpak Sewu dan juga Goa Tetes. Air Terjun Kapas biru merupakan salah satu dari banyaknya air terjun yang terbentuk ditepian lembah-lembah curam Sungai Besukbang-Glidik di perbatasan Kabupaten Malang - Kabupaten Lumajang.
Air Terjun Kapas Biru
Air Terjun Kapas Biru
Perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang, memang sudah di kenal dengan banyak destinasi wisata air terjun yang menarik hal inilah yang mendasari saya untuk memilih destinasi wisata liburan di kawasan Pronojiwo. Untuk sampai ke lokasi Air Terjun Kapas Biru ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Karena perjalanan yang akan kita tempuh membutuhkan banyak tenaga dan juga tantangan.

Untuk akses menuju ke Air Terjun Kapas Biru terbilang cukup mudah berada di jalan poros Malang - Lumajang. Air Terjun Kapas Biru terletak di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Jika kalian hendak akan menuju ke lokasinya cukup mudah, jika memulai perjalanan dari Kota Malang bisa menuju ke Pronojiwo ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum juga bisa. Kota Malang - Turen - Dampit - Tirtoyudo - Ampelgading - Pronojiwo hingga tiba di Polsek Pronojiwo. 100 meter setelah Polsek Pronojiwo, terdapat banner Air Terjun Kapas Biru nah ikuti saja petunjuk tersebut.
Air Terjun Kapas Biru
Air Terjun Kapas Biru
Selama perjalanan dari Kota Malang hingga Pronojiwo kalian akan melewati jalan raya dan rute yang nyaman, setelah memasuki kawasan Ampelgading diharapkan lebih hati-hati karena jalan sudah mulai berkelok dan juga bersabar karena jalanan akan sedikit melambat dengan banyaknya truk-truk yang melintas. Setelah melalui perjalanan kurang lebih 3 jam anda akan menemui banner Air Terjun Kapas Biru di kanan jalan, anda bisa belok kanan mengikuti jalan cor. Tak begitu jauh dari jalan raya anda akan tiba di lokasi parkir Air Terjun Kapas Biru.

Setibanya di lokasi parkir akan ada petugas yang berjaga, lokasi parkir yang cukup luas akan nyaman jika anda datang dengan jumlah rombongan besar. Di sekitar lokasi parkir ini tersedia warung-warung dan juga toilet umum yang bisa anda gunakan. Dari lokasi parkir ini anda harus menyiapkan fisik dan juga stamina, karena jalan yang akan ditempuh dengan berjalan kaki, serta jangan lupa untuk membawa air minum dan makanan ringan untuk bekal di perjalanan.
Air Terjun Kapas Biru
Kondisi medan perjalanan yang ditempuh
Perjalanan dari lokasi parkir kendaraan menuju ke Air Terjun Kapas Biru akan melewari ratusan anak tangga yang terbuat dari beton dan juga medan yang curam. Tangga-tangga ini memiliki lebar yang sempit sehingga harus dilalui secara bergantian. Selain itu kondisi tanah di sepanjang jalan ini licin dan berlumpur jadi harus extra hati-hati, apalagi saat kondisi musim hujan. Tingkat kecuraman jalan setapak ini mencapai 40-45 derajat, dibutuhkan waktu selama kurang lebih 45 menit perjalanan. Selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan yang menyejukkan karena sepanjang kanan kiri di apit dengan popohonan hijau dan juga air terjun air terjun mini. 

Bagi anda yang berencana untuk menghabiskan liburan ataupun akhir pekan di Air Terjun Kapas Biru ini hendaknya untuk berangkat pagi hari karena rute yang dilalui cukup extrim dan juga menghindari perjalanan kembali dari air terjun di suasana gelap demi faktor keamanan. 

Air Terjun Kapas Biru
Yang bikin menarik pengen ke seni lagi
Perjalanan panjang dan juga melelahkan akan terbayar lunas begitu anda tiba di lokasi Air Terjun Kapas Biru ini, pemandangan yang disuguhkan akan menghilangkan lelahnya perjalanan. Suasana segar dan sejuknya air terjun akan menyentuh tubuh dengan kondisi yang benar benar alami.Keindahannya sungguh menawan hati dan menjernihkan pandangan. Pikiranpun jadi lebih segar sehingga bisa dianggap sebagai hiburan alam. Air Terjun ini memiliki aliran yang putih dan deras, di bagian-bagian sisinya muncul warna kebiruan jika dilihat dari jauh. Itulah mengapa namanya adalah Kapas Biru.

Fasilitas yang disediakan di area Air Terjun Kapas Biru ini masih minim hanya terdapat gazebo dan juga toilet. ini yang membuat area Air Terjun masih terliah alami, karena memang masih tidak terjamah oleh bangunan bangunan beton. Untuk menikmati keindahan air terjun ini anda tidak perlu merogoh gocek yang dalam, tidak ada tiket masuk hanya membayar parkir saja sebesar Rp. 5000. Kawasan Air Terjun Kapas Biru ini dikelolah oleh masyarakat sekitar, hasil dari uang parkir itu dikelolah untuk merawat dan memelihara lingkungan sekitar Air Terjun Kapas Biru.

Itulah beberapa ulasan tentang Air terjun Kapas Biru di Lumajang dengan keindahan yang mengagumkan. 

Kamu sudah pernah ke sini? 

Jika belum pernah, segera agendakan untuk menikmati keidahannya

Terima Kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "Air Terjun Kapas Biru, Nirwana di Lereng Semeru"

  1. Saya belum pernah ke situ dan pengen ke situ. Jalannya memang masih wow banget ya.. Tapi pas sampai, semua lelah hilang tergantikan dg senang karena view yg memanjakan mata.

    ReplyDelete
  2. Penasaran dengan keunikan namanya. Kok namanya bisa air kapas biru ya? hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini, masih belum di gali kenapa namanya kapas biru hehehehe

      Delete
  3. woww! keren banget dah! Kapan-kapan saya bakalan kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya segera di agendakan saja,biar bisa segera terlaksana

      Delete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel