Wisata Pantai Watu Dodol - Esok Hari Nanti

Wisata Pantai Watu Dodol

Wisata Pantai Watu Dodol | esokharinanti.com - Wisata watu dodol bukanlah menjadi hal yang asing jika kalian berlibur ke kabupaten banyuwangi, hampir seluruh warga banyuwangi mengetahui tentang destinasi watu dodol ini.
Pantai Watu Dodol
Ini yang namanya watu dodol
Watu dodol ini merupakan kawasan wisata di pintu masuk kabupaten banyuwangi melalui kabupaten situbondo. Jika kalian hendak menuju banyuwangi melalui situbondo maka setelah kalian melewati kawasan perbatasan situbondo-banyuwangi maka akan disambut dengan wisata watu dodol ini. 

Watu dodol sendiri merupakan sebuah batu yang terletak diantara kedua ruas jalan berdiri tegak dengan tinggi 6 meter. Dalam bahasa Jawa, Watu memiliki arti Batu. Istilah Dodol dapat diartikan sebagai jenang. Jenang Dodol dapat merujuk kepada makanan manis berbentuk persegi seukuran kelingking. Dodol juga dapat berupa makanan dari ketan yang ditumbuk, dibentuk lonjong seukuran telapak tangan, kemudian digoreng.

Kalau menurut masyarakat sekitar watu dodol ini memiliki memiliki unsur magis di dalamnya. Batu yang masih berdiri tegak meskipun bagian bawahnya lebih kecil daripada bagian atasnya. Menurut cerita masyarakat, dulu batu ini pernah dicoba untuk dipindahkan dengan berbagai alat berat, ditarik menggunakan kapal, dan juga juga di angkat menggunakan helikopter. Namun Batu tersebut tak sedikit pun bergeser dari tempat asal nya, dan masih tetap kokoh hingga sekarang. Ada juga yang mengatakan bahwa batu ini merupakan sebuah pintu ghaib untuk menuju istana di pantai selatan.

Meskipun dulu lokasi ini terlihat angker, namun sekarang sudah terlihat asri dengan dijadikannya lokasi ini sebagai tempat wisata. 

Menengot wisata pantai di watu dodol ini cukup menawan, dimana pantai watu dodol ini pernah masuk dalam daftar pantai terbersih di asean. Banyuwangi dikenal sebagai surganya destinasi wisata eksotik di ujung timur Pulau Jawa. Jadi tak heran jika pantai watu dodol ini menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi.
Pantai Watu Dodol
Suasana pantai watu dodol
Secantik apa Pantai Watu Dodol?

Spot yang tedapat di pantai watu dodol dengan barisan pohon kelapa yang menjulang tinggi menghiasi bibir pantai dengan pasir yang lembut bertemu dengan rerumputan hijau. 

Jembatan dek sepanjang 200 meter merupakan spot foto andalan wisatawan di pantai yang berada di Jalan Situbondo-Banyuwangi itu. Latar belakang deretan pohon kelapa mempercantik frame gambarmu.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana. Salah satunya untuk melihat keindahan bawah laut, bisa snorkeling menengok penangkaran hiu di antara biota laut lainnya. Atau sekedar bersantai di bawah pohon kelapa juga menarik untuk menikmati suara ombak dan semilir angin.

Dari pantai watu dodol ini kalian juga bisa melihat dikejauhan pulau menjangan dan tabuhan, jika kalian berminat untuk mengunjunginya bisa dengan menyewa perahu motor milik nelayan di sekitar pantai watu dodol ini.

Sekian dulu ya, sedikit semoga bermanfaat bagi kalian, terima kasih 
Sampai jumpa di trip berikutnya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Wisata Pantai Watu Dodol"

  1. Yups, aku juga pernah denger cerita gaib tentang watu dodol ini, mas.
    Dibalik cerita mistisnya,pemandangan indah pantainya wajib dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya mas Karena pemandangannya yang keren jadi mistisnya agak tak terlihat hehehe

      Delete
  2. aku jg pernah denger tuh cerita gaib watu dodol..:) tapi gk takut lahh pantainya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, sudah takperlu takut sekarang kalau ke watu dodol

      Delete
  3. Ada penangkaran ikan hiu juga yaa. Kira-kira ikan hiu itu nantinya akan dilepas juga atau cma dibudidayakan tanpa dilepas ke laut...?
    Setahuku, ikan hiu termasuk hewan yang dlindungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau yang itu saya kurang tau, karena belum sempat tanya ke petugasnya

      Delete
  4. Untung batunya ga bisa dipindahin ya. Coba kalo bisa khan namanya bukan Pantai Watu Dodol lagi. Hehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ya kalo di pindah jadi misteri watu dodol menghilang

      Delete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel