Gunung Kelud, Mengungkap Cerita Jalan Misteri - Esok Hari Nanti

Gunung Kelud, Mengungkap Cerita Jalan Misteri

Gunung Kelud, Mengungkap Cerita Jalan Misteri | esokharinanti.com - Kisah perjalanan yang diluar rencana, kenapa begitu ? karena rencana awalnya ialah berlibur dikota malang. Tapi berhubung ada tawaran yang lebih menarik akhirnya pilihannya jatuh ke kabupaten kediri. Kabupaten kediri yang juga menawarkan banyak lokasi wisata akhirnya membuahkan hasil untuk mencicipi salah satu ketinggian di kabupaten kediri.
Gunung Kelud
Salah satu view menuju puncak kelud
Gunung kelud ini terletak di perbatasan kabupaten kediri, kabupaten malang dan kabupaten blitar. Gunung kelud ini tergolong gunung api aktif, dan juga termasuk yang paling aktif di indonesia. Puncak gunung kelud dengan ciri khasnya gunung api terdapat sebuah kawah yang dikelilingi 3 puncak utama yaitu, puncak kelud, puncak sumbing dan puncak gajahmugkur. Air di danau kawah Gunung Kelud yang masih aktif tersebut berwarna hijau pupus. Penampakan yang demikian terjadi akibat pengaruh gas belerang. Kalau dilihat saat matahari terbit, warnanya kemilauan terkena cahaya.

Sejak kejadian erupsi gunung kelud di tahun 2014 silam menyisakan banyak perubahan di gunung kelud sekaligus menutup kegiatan di gunung kelud. Banyak infrastruktur yang rusak akibat erupsi gunung kelud, dan penutupan akses menuju puncak kelud dikarenakan perbaikan infrastruktur pasca erupsi dan baru akan dibuka pada 2019 mendatang. Gunung kelud memiliki ketinggian mencapai 1.731 meter di atas permukaan laut (mdpl) tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk menikmatinya.

Kisah perjalanaku menuju puncak gunung kelud ini sebenarnya tidak sempurna. Karena memang puncak gunung kelud belum dibuka untuk umum sehingga perjalanan tak sampai ke puncak.
Gunung Kelud
Pintu masuk menuju kawasan wisata gunung kelud
Berawal dari ajakan kawanku sebut saja namanya sisco, orang asli kediri lahir juga di kediri dan dia juga sama perantau seperti aku. Tanpa rencana yang jelas namun punya tujuan yang penting bisa kembali pulang kerumah dengan selamat. Pemikiran untuk ke gunung kelud awalnya gak terfikirkan si sisco ngajaknya hanya kerumahnya di kediri sekalian nemenin dia pulang kampung.

Singkat cerita, perjalanan ke gunung kelud ini bisa di bilang cukup mudah karena akses jalan menuju gunung kelud sudah beraspal. Jika kalian berada di kota kediri arahnya cukup mudah gunung kelud berada kurang lebih 30 km ke arah timur menuju ke daerah wates. Setibanya di wates kamu bisa menyiapkan perbekalan jika ingin membawa bekal ke gunung, sebelum kamu memasuki gerbang pintu masuk kelud ada baiknya jika di persiapkan terlebih dahulu.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota maka kita akan disambut oleh pintu masuk wisata gunung kelud. Sebelum masuk berhenti sebentar untuk membayar tiket masuk. Harga tiket masuknya  Rp 5000 tetapi jika kalian berkunjung pada hari Sabtu-Minggu atau hari libur harga tiket naik menjadi Rp 10.000. Dari gerbang masuk lalu melanjutkan perjalanan kembali, Mulai dari gerbang masuk jalanan semakin menanjak dan berkelok - kelok dan bahkan pada beberapa ruas jalan yang menanjak tajam dan ada yang jalannya sempit.
Gunung Kelud
Ini yang di bilang jalan misteri
Sepanjang perjalanan tidak akan membosankan karena kita akan disambut dengan pemandangan khas pengunungan dan udara yang sejuk. Sepanjang perjalanan ada sesuatu yang cukup menarik untuk dinikmati, diketahui ataupun diteliti itupun jika kalian mau. Masyarakat sering menyebutnya "Jalan Misteri" suatu fenomena alam yang terdapat di gunung kelud.

Apa itu jalan misteri? jalan misteri merupakan jalan yang terdapat banyak mahluk halusnya, bukan itu maksudnya tapi jalan misteri merupakan ruas jalan yang terlihat menanjak namun jika kendaraan di hentikan pada posisi netral kendaraan ini akan berjalan naik. Ajaib bukan ? Penasaran ? kalian bisa coba sendiri saja biar tidak penasaran, namun aku belum membuktikannya sendiri karena kendala waktu jadi tidak sempat untuk berexperimen di jalan misteri ini.
Gunung Kelud
View pemandangan di gunung kelud
Jika kalian ingin berkunjung ke gunung kelud ini aku sarankan untuk datang di pagi hari atau di sore hari, kalau aku berkunjungnya pas siang bolong bisa gosong jadinya, karena kondisi di gunung kelud panas.
Gunung Kelud
Seperti biasa dokumentasi di gunung kelud
Cukup sekian dulu ya ceritaku di gunung kelud, karena penjalanan menuju ke gunung kelud masih belum sempurna maka lain kali aku bakal sempurnakan dan tentunya bakal kembali lagi ke gunung kelud.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "Gunung Kelud, Mengungkap Cerita Jalan Misteri"

  1. Keren ya view puncak gunung Kelud yang masih aktif ini .. dikelilingi 3 puncak.
    Mungkin kalo dilihat memakai drone, akan terlhat seperti mahkota melingkari kawah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambah bagus lagi mas kalo bisa di dokumentasikan pake drone

      Delete
  2. Bisa balik arah gitu ya tujuan wisatanya.. tapi emnk gunung kelud lebih menantang kali dari segi perjalanan

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ke sana meskipun dri dulu pengen, eh tapi jadi kepo loh sama jalan misterinya :)

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel