Nuansa Romantis di Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura

Nuansa Romantis di Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura | esokharinanti.com - Salah satu obyek wisata bersejarah yang terdapat di kota bangkalan, madura. Mercusuar sembilangan yang dari kejauhan masih terlihat gagah berdiri menjulang dengan warna putihnya yang mencolok menjadikan bangunan tua ini masih bermanfaat bagi kapal-kapal yang berlayar.
Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura, sejarah mercusuar sembilangan madura
View Mercusuar Sembilangan Bangkalan (sumber : andasblega.blogspot.co.id)
Sejarah Mercusuar Sembilangan ini merupakan peninggalan Jaman Belanda pada pemerintahan Z.M.Willem III tepatnya pada Tahun 1879 ditandai dengan plakat yang terdapat pada Mercusuar dan konon mercusuar peninggalan belanda di Madura hanya terdapat 2, di Bangkalan dan Sumenep. Meskipun mercusuar ini sudah di bangun semenjak jaman belanda namun sampai saat ini mercusuar ini masih berfungsi dengan baik sebagai navigasi kapal-kapan yang berlayar disekitarnya. Saat ini mercusuar sembilangan ini dirawat dengan baik dan masih berada dalam pengawasan departement perhubungan. Selain itu mercusuar sembilangan ini juga ramai di kunjungi wisatawan yang naik kepuncak menara untuk menikmati keindahan alam maupun hanya untuk mengabadikan momen dengan berselfi ria.

Mercusuar sembilangan ini memiliki tinggi 65 meter cukup tinggi bukan, dan memiliki 16 lantai wah seperti gedung pencakar langit saja. Jika kalian penasaran bagaimana cara menghitung jumlah lantainya cukup mudah setiap lantai di tandai dengan dua buah jendela pada setiap sisinya. Setiap lantainya dihubungkan dengan tangga besi yang melingkar manjadi penghubung hingga sampai di atas puncak.

Lokasi mercusuar sembilangan ini cukup dekat dengan jembatan suramadu lebih tepatnya di Jalan Sembilangan, Socah, Pernajuh, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Untuk mengunjungi mecusuar ini bisa menggunakan jalur yang melewati bukit jaddih. Dari bukit jaddih pilih jalan melewati kamal hingga kalianget terus saja hingga menemui makam umum di sebelah kiri, ketika sudah menemukan makam tetap jalan lurus saja hingga melewati jalan raya socah. Dari jalan raya socah masih jalan terus hingga memasuki kawasan tambak di ujung jalan anda akan menemui pertigaan, lalu belok kanan terus lurus hingga menemui mercusuar sembilangan.

Seperti halnya tempat wisata lainnya di pulau madura wisata mercusuar sembilangan ini bisa di bilang murah meriah bagaimana tidak untuk masuk kelokasi mercusuar hanya membayar 5.000 saja. Selain itu jika anda berminat untuk naik ke atas menara anda cukup membayar 5.000 dan harga ini masih bisa di tawar lo jika anda pintar untuk menawarnya.

Nah jika anda penasaran untuk menikmati keindahan dari atas mercusuar sembilangan anda harus menyiapkan tenaga extra karena harus naik melewati anak tangga sebanyak 16 lantai, di mercusuar ini tidak ada lift lo jadi jangan berharap yang aneh aneh ya, harus berusaha sekuat tenaga biar sampai di atas. Tapi jangan khawatir jika kalian capek bisa kok istirahat di setiap lantainya karena cukup luas dan ada jendela untuk menghirup udara segar sambil melihat pemandangan.

Semakin ke atas lantainya semakin kecil, mungkin sekitar 5 meter saja, di lantai terakhir kita bisa menikmati keindahan alam dan juga bisa keluar dari dalam menara karena di atas menara ini terdapat balkon yang melingkar mengelilingi dinding mercusuar. Jangan khawatir pemandangan dari atas mercusuar ini akan mengalahkan rasa capek saat menaiki tangga akan terbayar dengan keindahan alam. Dari atas kita bisa melihat selat madura, jembatan suramadu, maupun kota surabaya selain itu kita juga bisa melihat kapl-kapal yang berlayar hilir mudik.

Jangan lupa bawa kamera dan juga tongsis karena balkon yang mengelilingi dinding mercusuar memiliki area yang tidak begitu luas ini akan berdampak pada jangkauan foto anda akan terbatas. Abadikan momen terbaik anda di atas mercusuar sembilangan ini, rugi rasanya jika momen anda di atas menara tidak di abadikan setelah bersusah payah menaiki anak tangga. Setelah anda puas menikmati keindahan alam di atas mercusuar anda akan di hadapkan kembali dengan tangga tangga untuk turun, tapi jangan khawatir sesampainya di bawah anda bisa menikmati warung warung untuk melepas dahaga.

Begitulah gambaran dari liburan di mercusuar sembilangan bangkalan madura, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya, dan Selamat Liburan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Nuansa Romantis di Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura"

  1. Saya liat mercusuar cuma dari tivi aja
    kalo liat langsung belum pernah sama sekali

    ReplyDelete
  2. Murah ya tiket naik mercusuar, bisa ditawar pula ... ckckck ☺

    Semoga mercusuar bersejarah ini tetap diperhatikan perawatannya, jadi terpelihara dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah meriah mas, semoga masih bisa terawat dengan baik

      Delete
  3. Di Anyer juga ada mercusuar persis bngat yaa. Ternyata madura juga punya.

    ReplyDelete
  4. tahun 2009 pernah jembatan suramadu dan skalian ke bangkalan, cuma lihat-lihat dan abis itu balik lagi ke surabaya, kalau tau ada mercusuar gini mau deh kesini, bagus soalnya

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel