Monumen Simpang Lima Gumul Kediri - Esok Hari Nanti

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri | esokharinanti.com – Monumen simpang lima gumul atau yang lebih dikenal dengan sebutan SLG merupakan salah satu bagunan yang menjadi ikon kabupaten kediri. Lokasi monumen simpang lima gumul ini tidak terlalu jauh jika berngkat dari pusat kota kediri kira kira hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit perjalanan. Monumen ini terletak di desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.
Monumen Simpang Lima Gumul Kediri
Monumen simpang lima gumul (sumber : wikipedia)
Mengapa monumen ini diberi nama SLG mungkin karena monumen ini di bangun di tengah tengah simpang lima yang mengarah ke kota kediri, ke pesantren, ke pagu, ke guruh, dan ke pare. Sebuah bangunan yang memiliki tinggi sekitar 6 meter ini berdiri kokoh di tengah tengah simpang lima dan itu mengapa orang orang menyebutnya SLG. Pada bagian luar dinding bangunan terdapat beberapa gambar/relief. Gambar- gambar tersebut memiliki subuah arti yang mengambakar trntang kehidupan masyarakat kediri pada jaman dahulu. Sedangakan di sudut bangunan terdapat arca yang cukup besar, yang merupakan arca ganesha. Arca tersebut memiliki arti bagi umat hindu sebagai dewa penolak bala, dewa pelindung, dewa pengetahuan dan kecerdasan

Baca Juga : Sepenggal Kisah Makam Bung Karno Sang Proklamator

Bangunan simpang lima gumul ini diperkaya dengan detai ornament yang menunjukkan keagungan budaya kediri yang tua dan kuat, dan menjadi inspirasi masyarakat serta bagi pejalan yang berkunjung. Selain itu dibawah monumen simpang lima gumul ini terdapat sebuah terowongan yang biasa digunakan sebagai akses untuk menuju ke monumen simpang lima. Begitu masuk ke dalam terowongan maka akan di sambut dengan wisata sejarah tentang kabupaten kediri. Ada 3 terowongan yang berada di bawah monument simpang lima ini terowongan ini menjadi akses yang menghubungkan monumen dengan ke tempat parkir. Akses melalui terowongan ini menarik sehingga saying sekali jika anda tidak mendokumentasikan sebagai kenang-kenangan.
Monumen Simpang Lima Gumul Kediri
SLG di malam hari, namun pas kesana lagi di renovasi monumennya
Sisi luar bangunan monumen simpang lima banyak ditanami pohon pakis atau palm yang ditanam mengelilingi monumen simpang lima gumul. Phon beringin dang pohon kepuh juga ditanam di beberapa sudut untuk memberikan keteduhan di area simpang lima gumul. Jalanan beraspal yang sangat lebar dan mulus di sekeliling monumen ini menjadikan monumen ini terasa mewah.

Baca Juga : Menelusuri Peninggalan Sejarah, Candi Jawar Malang

Monumen simpang lima gumul ini dibangun untuk meningkatkan perekonomian masayarakat kediri yang berfungsi sebagai pusat perdagangan dan juga berfungsi sebagai pusat rekreasi. Begitupun area parkir kendaraan dibuat dan ditata baik, di sekitar area parkir juga terdapat banyak penjual makanan yang menjajakan makanan khas kediri. Selain itu pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah dengan mendatangi outlet yang menjual beragam souvenir khas kediri.

Terima kasih sudah membaca Monumen Simpang Lima Gumul Kediri semoga bermanfaat. Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus esok hari nanti maka akan menjadi sesuatu yang besar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

16 Responses to "Monumen Simpang Lima Gumul Kediri"

  1. Tujuannya sangat bagus ya untuk memajuka ekonomi masyarakatnya.. Semoga dengan adanya simpang lima gumul Kediri, perekonomian juga makin lancar, karena daerah di situ jaddi ramai

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semoga saja bermanfaat dengan adanya monumen simpang lima gumul

      Delete
  2. Ooooo di bawahnya ada terowongan to? AKu pernah nih kesini. Tapi nggak tau klo ada terowongan di bawahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya di bawah ada terowongannya dari parkiran sampai di bawah monumen

      Delete
  3. wah bagus juga ya, bisa jadi wisata yang asyik

    ReplyDelete
  4. Sering banget liat foto teman-teman di medsos dengan latar belakang monumen ini. Bikin ngiler. Dan sekarang malah nemu ulasan lengkapnya, jadi tambah ngiler deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah sepertinya harus cepet cepet berangkat ke monumen ini mas biar bisa kesampaian hehehe

      Delete
  5. saya pernah ke gumul bang dulu.. hehe
    itu direnovasi kah.. kok ada lampunya sekarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya sedang di renovasi pas saya kesana kalau sekarang mungkin udah kelar

      Delete
  6. Aku cuma lewat aja disini. Ternyata ramai juga.Kalau lihat banyak yang foto-foto disini rasanya pengen mampir, tapi berhubung perjalanan masih jauh, tinggallah angan-angan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah rugi mbak kalo gak mampir, kan bisa buat kenang kenangan

      Delete
  7. Kediri.. keren tempatnya, itu kayak di prancis namanya apa ya lupa gw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya mas mirim bangunan di perancis saya juga lupa namanya

      Delete
  8. Terakhir kali ke sini 4 tahun lalu, jadi kangen ke sini lagi.
    Keren emang tempatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lama ya, tentunya suasana 4 tahun lalu sama sekarang udah beda, jadi kesini lagi aja melepas kangen

      Delete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel