Goa Lawah Temple, Tempat Wisata di Bali yang Lagi Nge-Hits Berkat Kelelawar - Esok Hari Nanti

Goa Lawah Temple, Tempat Wisata di Bali yang Lagi Nge-Hits Berkat Kelelawar

Goa Lawah Temple, Tempat Wisata di Bali yang Lagi Nge-Hits Berkat Kelelawar | esokharinanti.com - Tempat wisata di Bali itu ada banyak. Masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri yang membuat betah para wisatawan untuk terus berpetualang menemukan keajaiban di Pulau Dewata. Salah satunya adalah Goa Lawah Temple. Lawah dalam bahasa Indonesia adalah kelelawar, nama yang diberikan kepada kuil ini karena memang banyak hewan nocturnal tersebut di sekitar lokasinya.

Kenapa Goa Lawah Temple menjadi populer sebagai  tempat wisata di Bali? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, cek dulu beberapa faktanya di bawah ini:

Tempatnya Kerajaan Kelelawar
Goa Lawah Temple, Tempat Wisata di Bali yang Lagi Nge-Hits Berkat Kelelawar
Tempat Kerajaan Kelelawar (sumber:afar.com - Diane George)
Nggak sekadar tempat peribadatan bagi masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu, Goa Lawah Temple juga merupakan ‘sarana’ peristirahatan bagi ratusan, atau bahkan ribuan hewan kelelawar. Memang, nggak seheboh Bat Cave-nya Bruce Wayne, markas Batman, tapi cukup banyak lawah di Goa Lawah Temple ini.

Tenang saja, di sini tidak ada cerita digigit kelelawar dan berubah jadi vampir. Ratusan kelelawar di Goa Lawah Temple adalah jenis yang menghisap madu. Hanya saja, karena jumlahnya yang sangat banyak, pasti ada saja kelelawar yang usil dan bikin keributan. Jadi nggak usah heran kalau kuil ini begitu riuh dengan suara kelelawar.

Sudah Ada Sejak Abad ke-11
Goa Lawah Temple, Tempat Wisata di Bali yang Lagi Nge-Hits Berkat Kelelawar
Sudah Ada Sejak Abad 11 (sumber:afar.com - Diane George)
Kelelawar yang ada di Goa Lawah ini mungkin sudah mencapai puluhan generasi. Hal ini terbukti dari sejarah yang mencatat bahwa goa ini ditemukan oleh Mpu Kuturan dan digunakan sejak abad ke-11. Mpu Kuturan sendiri adalah salah satu pendeta pertama yang meletakkan pondasi agama Hindu di Bali.

Mudah Dijangkau Karena di Pinggir Jalan Raya

Nggak perlu kerepotan untuk menemukan Goa Lawah Temple ini. Letaknya yang berada di pinggir jalan raya membuatnya mudah untuk dikunjungi. Lokasinya berada di desa Pesinggahan, Dawan, dan menjadi batas bagi dua kabupaten, Klungkung dan Karangasem. Untuk mengetahui destinasi wisata lainnya yang mudah dijangkau di Bali, slahkan diintip dari Traveloka Aktivitas dan Rekreasi.

Keindahan yang Luar Biasa
Goa Lawah Temple, Tempat Wisata di Bali yang Lagi Nge-Hits Berkat Kelelawar
Keindahan yang Luar Biasa (sumber:balitravelhub.com)
Di goa ini memang ada kuil dan ratusan kelelawar, tapi kamu juga bisa menikmati keindahan Nusa Penida dari Goa Lawah Temple. Dari kejauhan, terlihat pulau yang indah di ujung selatan Bali tersebut. Bisa jadi tujuan berikutnya setelah puas berwisata mengunjungi kelelawar.
Disambut oleh Gerbang Berupa Pohon Banyan

Begitu sampai di Goa Lawah Temple, kamu akan disambut oleh dua pohon banyan yang ‘bertugas’ sebagai penyambut tamu. Memasuki gapura alami tersebut, terlihat tiga balai yang terletak di sudut-sudut kuil ini. Balai-balai tersebut dibuat sebagai tempat untuk persembahan dan diletakkannya gamelan yang biasa dibunyikan saat ada upacara keagamaan.

Altar Dewa Siwa dan Naga Basuki

Daya tarik Goa Lawah Temple ada pada altar untuk Dewa Siwa. Yang menarik, altar ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Altar tersebut ditempatkan pada sebuah balai yang dihiasi dengan ukiran Naga Basuki, hewan mistis yang dipercaya umat Hindu sebagai penjaga keseimbangan jagad raya.

Kunjungi Pagi Hari untuk Waktu Terbaik
Goa Lawah Temple, Tempat Wisata di Bali yang Lagi Nge-Hits Berkat Kelelawar
Waktu Kunjungan Terbaik (sumber:balitravelhub.com)
Waktu terbaik untuk mengunjung Goa Lawah Temple adalah saat pagi menjelang. Selain udara yang masih sejuk, para penduduk yang ada di sekitar kuil ini juga berbondong-bondong datang untuk melakukan ibadat harian.

Itulah beberapa fakta tentang Goa Lawah Temple, kuil dengan ribuan kelelawar yang bakal meramaikan kehadiranmu kembali di Pulau Bali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "Goa Lawah Temple, Tempat Wisata di Bali yang Lagi Nge-Hits Berkat Kelelawar"

  1. Baru tau kalo ada tempat seunik ini di Bali..
    Biasanya cuman fokus ke pantai sama beberapa pura yang udah terkenal sebelumnya..

    Pasti kalo dieksplor lebih, masih banyak tempat-tempat unik di Pulau Dewata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas, kalo mau explore memang banyak tempat tempat yang masih tersembunyi

      Delete
    2. Khusus Bali lebih eksotis lagi explorationnya karena kearifan lokalnya yang masih terjaga...

      Delete
  2. Aduh,, unik memang. tapi bau kelelawarkan menyengat bngat.. Gak kuat dgn baunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake masker mas biar baunya ndak terlalu menyengat

      Delete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel