.

.
EsokHariNanti

Wisata Minat Khusus

Wisata Minat Khusus
Wisata Minat Khusus
Wisata Minat Khusus, merupakan sebuat wisata yang berkaitan dengan adventure atau petualangan dan juga edukasi. Dalam hal ini wisatawan di tuntut untuk mempersiapkan fisik, kemampuan dan juga kebersamaan tanpa menghilangkan edukasi. Karena terdapat tantangan yang harus di lalui, terkadang juga ada bahaya yang harus di antisipasi. Wisata minat khusus ini misalnya seperti trecking, tubbing, rafting, penelusuran goa dll. Wisata minat khusus memberikan sebuah wisata seperti wisata perjalanan aktif,  dan memerikan pengalaman baru, wisata sosial, wisata pendidikan, berwisata berbasis alam atau wisata yang bertujuan untuk pelestarian.

Wisatawan yang terlibat dalam wisata minat khusus dapat dibedakan menjadi dua yaitu :

Kelompok Ringan (Soft Adventure)
Kelompok yang melihat keterlibatan dirinya lebih merupakan keinginan untuk mencoba aktifitas baru, sehingga tingkat tantangan yang dijalani cenderung pada tingkat ringan sapai rata-rata.

Kelompok Berat (Hard Adventure)
Kelompok yang memandang keikutsertaannya dalam kegiatan wisata minat khusus petualangan lebih merupakan sebagai tujuan atau motivasi utama, sehingga cenderung terlibat lebih aktif dan serius pada kegiatan yg diikuti. Kelompok ini cenderung mencari produk yg menawarkan tantangan di atas rata-rata.

Kriteria dalam wisata minat khusus , yaitu adanya unsur :
  1. Rewarding atau penghargaan atas sesuatu obyek dan daya tarik wisata yang dikunjungi, yang di wujudkan oleh wisatawan untuk dapat belajar memahami atau bahkan mengambil bagian dalam aktivitas yang terkait dengan obyek tersebut.
  2. Enriching atau pengkayaan, yaitu mengandung aspek penambahan pengetahuan dan kemampuan terhadap sesuatu jenis atau bentuk kegiatan yang diikuti wisatawan.
  3. Adventure atau petualangan yaitu mendukung aspek pelibatan wisatawan dalam rangka kegiatan petualangan,
  4. Learning atau proses belajar yaitu mengandung aspek pendidikan melalui proses belajar yang diikuti wisatawan terhadap sesuatu kegiatan edukatif tertentu.
Terima kasih sudah membaca Wisata Minat Khusus semoga bermanfaat. Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus esok hari nanti akan menjadi sesuatu yang besar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Minat Khusus"

Posting Komentar