.

.
EsokHariNanti

Cave Tubing Goa Pindul

Goa Pindul
Goa Pindul 
Cave Tubing Goa Pindul,Cave tubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cave tubing adalah kegiatan menyusuri goa menggunakan ban dalam. Karena aliran air di Goa Pindul ini tenang maka melakukan cave tubing di Goa Pindul ini juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil pernah.Ditengah Goa, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya yang warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah.

Goa Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Goa Pindul dikenal karena cara menyusuri goa yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam goa. Panjang goa Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter. Penelusuran goa Pindul memakan waktu kurang lebih selama satu jam yang berakhir pada sebuah dam. Aliran sungai yang berada di dalam Goa Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh. Obyek wisata Goa Pindul diresmikan pada 10 Oktober 2010.

Goa Pindul
Goa Pindul
Saat melakukan susur goa di Goa Pindul ini, akan menemukan sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa(Soko Guru). Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan mempunyai peringkat no 4 di dunia. Stalagtit putting yg masih aktif siap menanti dengan tetesan airnya yang konon bisa bikin cantik dan awet muda, bagi yang lelaki untuk menambah vitalitas telah ditunggu stalagtit jantan, cukup memegang aja udah terasa bedannya. Ada juga Stalagmit dan stalagtit yang menyatu, menjadi yang terbesar, butuh 5 orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja. Besar ditengah-tengah Goa yang katanya sebagai tiang Goa.Keindahan semakin lengkap dengan adanya ornamen disepanjang dinding Goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Mata kristal Kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa. Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air didinding Goa.

Menuju ke lokasi goa pindul dengan angkutan umum. Dari Jogja Naik Bus –> Terminal Giwangan –> Naik Bus Jogja Wonosari –> Bilang sama kondektur turun perempatan Grogol –> Dari Grogol naek Ojek minta antar ke sekretariat Goa Pindul. Tukang Ojek bisa PP, nanti setelah selesai dari sekretariat goa pindul, pulangnya bisa diantar lagi ke bundaran siono untuk cari bus balik ke jogja. Biaya ojek sekitar 30rb PP.

Tips bagi kalian yang akan ke Goa Pindul
  1. Sebelum berangkat cari informasi sebanyak mungkin tentang Goa Pindul.
  2. Jangan tinggalkan apapun selain jejak, jangan ambil apapun kecuali foto, ini untuk menjaga kealamian Wisata Goa Pindul.
  3. Jangan lupa bawa camera untuk dokumentasi perjalanan.
  4. Snack atau makanan serta minuman tak lengkap rasanya kalau tidak ada.
Terima kasih sudah membaca Cave Tubing Goa Pindul semoga bermanfaat. Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus esok hari nanti akan menjadi sesuatu yang besar.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cave Tubing Goa Pindul"

  1. Maju terus wisata Gunungkidul, maju terus wisata Jogjaku. Jika ke Jogja, jangan lupa untuk mampir di destinasi wisata yang begitu luar biasa Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lain kali tak mampir lagi di goa pindul. Kembangkan terus destinasi wisata gunung kidul

      Hapus