.

.
EsokHariNanti

Snorkeling Alam Pantai Bolu Bolu

Pantai Bolu Bolu
Pantai Bolu Bolu
Snorkeling Alam Pantai Bolu Bolu, merupakan keindahan alam bawah laut yang dapat dinikmati di pantai bolu bolu. Keindahan di pantai bolu bolu ini memberikan panorama ya bisa memikat hati lewat keindahan dasar laut dengan media snorkeling. Pantai Bolu-Bolu ini terletak di Dusun Lenggoksono, tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke Pantai Bolu-Bolu, kita bisa mengikuti arah menuju Pantai Lenggoksono dan Pantai Wediawu karena berada di kawasan yang sama. Ketiga pantai ini dikenal sebagai Pantai Bowele (singkatan dari Bolu-Bolu Wediawu Lenggoksono). Dari Kota Malang, bisa ditempuh dari Dampit menuju arah Tirtoyudo. Setelah memasuki Kecamatan Tirtoyudo, lalu berbelok ke kanan di pertigaan Tangsi, Desa Tirtoyudo. Kondisi jalan sampai Lenggoksono sudah mulus beraspal, hanya saja ruas jalannya cukup sempit.

Pantai Bolu Bolu
Pantai Bolu Bolu dari Atas Bukit
Perjalanan berangkat dari Malang, menuju ke arat selatan ke daerah dampit sepanjang perjalanan akan melewati  Bululawang, Gondanglegi dan baru sampai di Dampit. Lama perjalanan dari Malang ke Dampit sekitar 2-3jam. Dari Dampit terus ke timur, kira kira 10km, akan menemukan papan petunjuk jalan 'Pantai Sipelot'. Tiba di pertigaan ini ambil arah selatan atau kanan. Setelah itu mulai masuk jalan yang lebih sempit, jalan antar desa. Ada 'patung Garuda' di pertigaan ini, dan papan petunjuk warna hijau juga cukup besar dan mudah dibaca sebagai penanda di pertigaan Tirtoyudho. Kemudian mengarah ke Desa Pudjiharjo setelah tiba di Pudjiharjo perjalanan di lanjutkan ke Desa Lenggoksono. Kira kira 1 jam perjalanan menuju Desa Pudjiharjo, lewat beberapa desa kecil seperti Kepatihan, sampai menjumpai persimpanganke kiri ke pantai Sipelot satu lagi ke Lenggoksono / Wedi Awu. Ambil arah ke kanan ke Lenggoksono / Wedi Awu. Setelah persimpangan terakhir diatas, jalan akan semakin curam, curam naik maupun turun.Kadang ditambah dengan aspal / semen yang terlepas, menambah seru perjalanan. Perjalanan akan berakhir di Pantai Lenggoksono. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju pantai bolu bolu.

Pantai Bolu Bolu
Istirahat Sebelum Perjalanan Menuju Pantai Bolu Bolu
Perjalanan menuju ke Pantai Bolu Bolu
Kilas singkat perjalananku bersama teman teman di pantai bolu bolu. Berawal dari niat untuk kembali mengexplore keindahan alam dari ketinggian gagal kembali di lakukan. Mungkin masih belum waktunya untuk kembali bersama ketinggian di saat seperti ini, kondisi alam masih tak bersahabat tak memungkinkan untuk berada di Gunung dan esok hari nanti ketika ada kesempatan untuk mencoba kembali. Sebagai pengganti dari rencana sebelumnya, akhirnya kami memutuskan  untuk mencari lokasi lain, dan memilih pantai bolu bolu ini. Pilihan yang cukup memberikan kepuasan meskipun tak jadi mengexplore ketinggian. Hari keberangkatan pun tiba, kini waktunya kisah perjalanan ini di mulai. Persiapan pun sudah kami atur sebaik mungkin, karena kami juga berencana untuk camping jadi persiapan yang di siapkan jauh jauh hari sudah siap untuk di bawa. Perjalanan di mulai dari kota malang bersama sama kumpul di kos salah satu dari kami. Jam enam pagi rencana kami untuk memulai perjalanan namun apa daya itu hanya sebuah teori saja, pada akhirnya jam delapan kamu baru berangkat menuju ke pantai bolu bolu ini. Perjalanan menuju ke pantai bolu bolu ini mengarah ke arah dampit dengan perjalanan yang cukup nyaman, Perjalanan panjang tak terasa, perut sudah bergejolak karena belum terisi di saat perjalanan kami di mulai. Melewati setengah perjalanan kami memutuskan untuk berhenti sejenak untuk sarapan. Bangunan setengah jadi menjadi pilihan pemberhentian kami.

Pantai Bolu Bolu
Melepas lelah saat perjalanan menuju pantai bolu bolu
Perjalanan di lanjutkan kembali dengan mengikuti jalanan beraspal yang beliku liku, tak terasa satu jam perjalanan sudah kami tempuh, jalanan semakin menantang, jauh de depan pandangan kami sudah tercium bau bau pantai. namun perjalanan masih belum berakhir. Tak lama ujung jalan terhenti ketika ada segerombolan orang menghentikan perjalanan kami. Ya petugas tiket masuk yang memberhentikan kami, setelah selesai mengurus tiket masuk kami melanjutkan perjalanan menuju parkiran yang terletak di Pantai Lenggoksono. Perjalanan masih belum selesai ini masih di Pantai Lenggoksono belum sampai di tujuan kami di Pantai Bolu Bolu. Untuk menuju ke pantai bolu bolu kami di hadapkan dengan dua pilihan, yaitu dengan menggunakan akses prahu atau dengan terekking. Sesuai dengan niat kami untuk trekking, akhirnya kami memilih untuk melanjutjan niat kami trakking, namun sebelum melanjutkan perjalanan kami istirahat sejenak sambil menikmati keindahan Pantai Lenggoksono. Pantai yang masih bisa di bilang asri ini sudah ramai di datangi pengunjung terlihat dari banyaknya kendaraan yang parkir. Di pinggir pinggir pantai sudah banyak kios kios penduduk sekitar, juga membuktikan bahwa Pantai Lenggoksono ini sudah ramai, dari kios makanan miniman hingga penyewaan alat alat snorkeling ada di sini. Dan mungkin esok hari nanti pantai ini masih terjaga kealamiannya.

Pantai Bolu Bolu
Lelah melewati medan yang berat
Menyusuri bibir pantai merupakan langkah perjalanan trekking kami dari Pantai Lenggoksono menuju ke Pantai Bolu Bolu. Suasana panas menemani langkah perjalanan kami menyisiri bibir pantai, langkah semakin berat di bawah terik sinar matahari dengan medan berbatu serta pasir membawa perjalanan kami semakin berat. Tak lama sampai di ujung tepi tebing, kini perjalanan berubah dari pasir menuju jalan tanah. Namun tak semudah yang di bayangkan karena medan yang akan kami tempuh selanjutnya merupakan medan tracking melewat bukit bukit pantai. Perjalanan naik turun bukit ini sedikit menguras tenaga. Selain dengan tracking melewati naik turun bukit ini sebenarnya ada alternatif lain yang bisa di coba, yaitu menggunakan jasa ojek yang bisa mengantarkan dari Pantai Lenggoksono menuju Banyu Anjlok. Di sepanjang perjalan pemandangan laut lepas akan mewarnai sepanjang perjalanan namun selain itu hijaunya pepohonan juga tak kalah penting yang menyejukkan udara di jalur yang akan dilalui. Satu jam perjalanan tak terasa di depan kami sudah menunggu pesona alam banyu anjlok siap menunggu kedatangan kami. Tiba di banyu anjlok kami memutuskan untuk berhenti menikmati keindahan yang d berikan oleh alam. Waktu sudah beranjak sore kini waktunya mengisi perut, makan siang sekaligus sore. Melepas lelah bermain air di banyu anjlok aktivitas yang kami lakukan setelah mengisi perut. Suasana hawa yang panas akhirnya bisa terbayar dengan segarnya air banyu anjlok.

Pantai Bolu Bolu
Perjalanan Menuju Pantai Bolu Bolu
Senja pun mulai menunjukkan diri, perjalanan kami masih belum berakhir, melanjutkan perjalanan menuju pantai bolu bolu target utama kami. Dengan rute dan medan yang masih tak jauh beda dengan rute ketika tracking menuju ke banyu anjlok. Namun perjalanan kali ini tak akan berjalan selancar perjalanan menunu ke banyu anjlok, karena medan menuju pantai bolu bolu ini masih awam bagi kami, tak ada satupun dari kami yang tau mengenai jalan mana yang menuju ke pantai bolu bolo. Bermodalkan dari niat dan tekat kami berangkat, langkah awal yang kami lakukan untuk mencari jalan yaitu tanya warga sekitar, mungkin ini salah satu cara, mau menggunakan teknologi sudah tak memungkinkan. Perjalanan yang tak mudah, kami beberapa kali di bingungkan dengan banyaknya percabangan, hingga beberapa kali kami kesasar. Senjapun sudah berganti malam, dan kami sudah tiba di pantai bolu bolu, kamipun bergegas membangun tenda sebelum hari semakin gelap. Selesai menata barang barang, kini waktunya mengisi perut kembali sambil istirahat dan menikmati indahnya pantai di malam hari. Waktunya bersantai menikmati alam, tak lupa api unggun menemani kebersamaan kami d pantai bolu bolu ini. Saling bertukar pengalaman, bercerita kesana kemari menemani perbincangan kami di temani hangatnya api unggun. Malampun semakin larut, kini waktunya istirahat.

Pantai Bolu Bolu
Foto Bersama di Pantai Bolu Bolu
Sang mentari pun sudah menampakkan sinarnya. Waktunya untuk kembali melakukan aktivitas kembali, namun sebelum melanjutkan aktivitas, sarapan pagi dulu. Suasana pantai yang masih alami ini memberikan pesona yang bisa di nikmati. Bercengkrama dengan alam di pagi hari di temanin segelas kopi. Bermain ait, ngobrol, foto foto itulah aktivitas kami di pagi ini bersama pantai bolu bolu. Hari sudah beranjak siang kini waktunya untuk kami beranjak pulang, beres beres perlengkapan. Setelah itu kami langsung melanjutkan perjalanan pulang. Perjalanan pulang terasa lebih cepat dibandingkan ketika berangkat. Perjalanan pulang kami kembali mampir d banyu anjlok lagi. Kembali menikmati alam banyu anjlok kembali. Pulang ke rumah dengan selamat, itulah akhir dari perjalanan kami, semoga esok hari nanti ini bisa menjadi sebuah cerita yang bermanfaat bagi orang lain. Dan tunggu cerita lain di esok hari nanti.

Pantai Bolu Bolu

Tips bagi kalian yang Mau ke Pantai Bolu Bolu
  1. Sebelum berangkat cari info sebanyak banyaknya tentang pantai bolu bolu.
  2. Pastikan kondisi badan dalam keadaan prima.
  3. Siapkan perlengkapan sesuai kebutuhan, jika camping perlengkapan seperti tenda, karier, kompor dan lainnya jangan lupa d siapkan.
  4. persiapkan kebutuhan logistik yang sesuai kebutuhan, misalkan air minum, snack, makanan.
  5. Kamera, jangan lupa untuk mengabadikan momen momen d pantai bolu bolu.
  6. Untuk menuju ke pantai bolu bolu ini bisa menggunakan beberapa alternatif, yaitu naik perahu atau tracking. 
  7. Jika naik prahu waktu tempuh lebih singkat sekitar 30 menit dengan estimasi biaya per perahu 65 ribu.
  8. Jika memilih jalur trakking akan memakan waktu lebih lama dengan medan naik turun bukit menyisiri pantai, estimasi waktu trakking 3 jam perjalanan.
  9. Sebelum berangkat jangan lupa berdoa.
Terima kasih sudah membaca Snorkeling Alam Pantai Bolu Bolu semoga bermanfaat. Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus esok hari nanti maka akan menjadi sesuatu yang besar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Snorkeling Alam Pantai Bolu Bolu"

Posting Komentar