.

.
EsokHariNanti

Seribu Air Terjun di Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu
Seribu Air Terjun di Tumpak Sewu, sebuah air terjun yang memiliki panorama seribu air terjun yang jatuh ke tanah secara bersama sama. Tumpak Sewu merupakan sebutan dari air terjun ini, nama tumpak sewu ini di ambil dari filosofi air yang tumpah ke tanah beribu ribu kubik perdetiknya. Sebuah air terjun yang memiliki pesona menawan ini memberikan destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi Memiliki tinggi sekitar 180 meter, debit air yang super tinggi, deburan titik es yang dingin mengakasa membuat kabut menggumpal membentuk awan. Air Terjun Tumpak Sewu ini hampir mirip dengan Air Terjun Grojogan Sewu yang berada di Kecamatan Pujon, Malang. Air Terjun Tumpak Sewu ini memiliki banyak sumber air yang terjun makanya di sebut dengan tumpak sewu. Medan untuk menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu ini masih terbilang sulit mengapa tidak karena kita di minta untuk melewati medan yang terjal. Perjalanan yang di lewati menuruni tebing dengan tangga yang terbuat dari bambu memberikan kesan alami dan esok hari nanti bisa menjadi pengalaman.

Air Terjun Tumpak Sewu
Perjalanan Melewati Anak Tangga yang Curam
Air Terjun Tumpak Sewu ini berada di kaki Gunung Semeru yang terkenal dengan Puncak tertinggi Jawa, yang berada di Kabupaten Lumajang, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Desa ini seakan-akan terkenal di kalangan treveller karena mempunyai daya Tarik wisata yang begitu indah dan menawan yakni Air Terjun Tumpak Sewu. Akses jalan menuju Air Terjun Tumpak Sewu ini dapat melalui Kota Malang yang kira-kira memerlukan waktu 2 jam 30 menit dari Kota Malang. Air Terjun Tumpak Sewu dapat di akses dengan kendaraan bermotor ataupun kendaraan pribadi. Selama perjalanan di jamin tidak akan bosan melihat pemandangan yang disuguhkan oleh alam belantara yang begitu sangat indah. Perjalanan menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu bisa di bilang mudah karena petunjuk jalan sudah jelas jadi tidak akan membuat kita kesulitan menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu ini ketika esokhari nanti kembali bisa dengan mudah.

Air Terjun Tumpak Sewu
Foto Bersama di Atas Air Terjun
Beranjak ke cerita perjalanan menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu, berjalan dari perjalanan menuju ke tempat ini dengan suka dan duka mewarnai perjalanan ini. Perjalanan menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu ini bisa di bilang mudah bisa di bilang sulit juga, berdasarkan pengalaman yang aku alami ketika menempuh perjalanan menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu. Sedikit cerita ketika menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu perencanaan yang dadakan tanpa persiapan yang matang aku dan kawan kawan berangkat ke Air Terjun Tumpak Sewu ini. Sebuah ide yang muncul dari percakapanku dengan isya hingga ide untuk ke Air Terjun Tumpak Sewu ini muncul. Awal mula ide ini muncul ketika imajinasi kami, sedang berkelana dinegeri entah berantah yang akhirnya memutuskan untuk menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu. Tapi niat awal tidak serta merta kesana, tapi masih saja berbelit-belit memikirkan destinasi ini-itu. Karena tujuan awal kami bukanlah kesana, melainkan ke tempat tertinggi. Tempat tertinggi mana yang dimaksud? Apalagi kalau bukan gunung? Tapi naas, keinginan ke gunung kandas ya semoga saja esok hari nanti bisa tercapai hingga kita memilih untuk mengexplore Air Terjun Tumpak Sewu berangkatlah kami ber empat sebut saja aku, isya, sisco dan titin.

Air Terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu dari Dasar
Perjalanan kami ke sana tak lah semudah yang di bayangkan karena penuh perjuangan untuk sampai ke tempat ini. Perjalanan kami dimulai dari kota malang dengan pos pembrangkatan awal di kosnya isya, jam sudah menunjukakn pukul tujuh kini waktunya untuk berangkat, namun ya namanya saja orang indonesia pasti jam karetnya muncul, jam setengah delapan kami baru meluncur menuju ke Air Terjun di Tumpak Sewu. Perjalanan yang tak begitu jauh kamipun langsung mencap gas menuju ke arah dampit. Perljalanan cukup mudah melewati jalan beraspal namun berkelok kelok di sertai dengan pemandangan alam yang cukup memanjakan mata. Tak terasa dua jam sudah kami mengendarai sepeda motor menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu perjalanan yang tak begitu panjang ini akhirnya terhenti ketika kami melihat sebuah banner bertunjukkan tempat yang akan kami kunjungi ini. Kemudian kami langung mengikuti arang yang tertera di banner tersebut, perjalanan di lanjutkan dengan melewati jalanan tanah hingga menemukan sebuat tempat parkir. Tiba di tempat parkir perjalanan berakhir, namun perjalanan kami masih di lanjutkan dengan berjalan kaki untuk sampai di Air Terjun Tumpak Sewu.

Air Terjun Tumpak Sewu
Foto Bersama di Dasar Air Terjun Tumpak Sewu
Perjalanan belum berakhir, kini kaki yang akan mengantarkan kami menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu ini. Melewati jalan setapak menyusuri perkebunan warga hanya butuh waktu sebentar saja kami sudah bisa menemukan lokasi air terjun ini. Tak begitu membutukan adrenalin yang cukup untuk melihat air terjun dari atas. Sebuah pesona air terjun yang patut untuk di nikmati Air Terjun Tumpak Sewu memberikan sambutan kepada kami. Seperti biasa kami menyempatkan berfoto foto untuk dokumentasi perjalanan kami ini. Setelah puas berfoto foto kami memutuskan untuk turun kebawah. Perjalanan menuju ke dasar air terjun tak mudah kami harus melewati ribuan anak tangga yang terbuat dari bambu untuk sampai di dasar. Dalam menuruni anak tangga ini butuh extra hati hati karena medan yang terjal dan licin memberikan tantangan tersendiri bagi kami. Tak lama menuruni anak tangga kamipun tiba di dasar air terjun. Sembari menikmati air terjun kami tak lupa untuk berfoto foto untuk dokumentasi perjalanan kami dan kenangan esok hari nanti. Perjalanan kami berakhir di Air Terjun Tumpak Sewu ini.

Air Terjun Tumpak Sewu
Upacara di Air Terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu
Sosok yang setiap kali hadir di perjalananku
Tips Bagi Kalian yang mau ke Air Terjun Tumpak Sewu
  1. Sebelum berangkat carilah informasi sebanyak mungkin tentang Air Terjun Tumpak Sewu.
  2. Pastikan kondisi badan dalam keadaan prima.
  3. Bawa baju ganti.
  4. Jangan membawa barang2 terlalu banyak, karena yang jelas merepotkan dan pasti basah.
  5. Jika membawa alat elektronik jangan lupa gunakan pelindung gadget , misal pouch anti air untuk hp.
  6. Gunakan sandal gunung, karena itu akan mengurangi gaya gesek saat berpijak.
Terima kasih sudah membaca Seribu Air Terjun di Tumpak Sewu semoga bermanfaat. Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus esok hari nanti maka akan menjadi sesuatu yang besar. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seribu Air Terjun di Tumpak Sewu"

Posting Komentar