.

.
EsokHariNanti

Dua Bulan Mencari Jalan di Kota Solo

Kota Solo
Dua Bulan Mencari Jalan di Kota Solo
Dua Bulan Mencari Jalan di Kota Solo, kenapa aku beri judul begitu ?, karena ini merupakan ceritaku selama dua bulan berada di kota solo. Perjalan mencari tempat tempat menarik di kota solo dan mengenal kota solo selama dua bulan. Sebenarnya tujuan utamanya bukanlah jalan jalan di kota solo selama dua bulan, namun saya berada di kota solo ini untuk melakukan tugas kuliah yakni PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang bertempat di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta. Banyak cerita baru dan juga pengalaman baru selama dua bulan berada di kota solo ini. Tak ceritakan sebagian saja tentang pengalaman saat berada di kota solo mulai dari berangkat sampai pulang kembali ke rumah. Expedisiku di kota solo ini tak sendiri namun bersama teman temanku. Mencari pengalaman baru itulah tujuan kami berada di kota solo ini.

Mulai dari awal perjalanan menuju kota solo. berawal berangkat dari kota Malang dengan menggunakan kereta api. Perjalanan dari kota malang di mulai di sore hari, perjalanan yang cukup panjang hingga tiba di Stasiun Balapan Solo tengah malam. Kami memutuskan untuk bermalam di stasiun untuk malam itu karena kami masih belum mecari kos kosan. Dari pada sulit sulit untuk mencari tempat bermalam, selain itu da stasiun juga banyak orang orang yang bermalam di sana. Begitu tiba kami memutuskan untuk mencari makanan terlebih dahulu, setelah melewati perjalanan jauh dan juga sebelum istirahat. Di pagi harinya kami langsung menuju ke Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika kota Surakarta untuk mencari kos di sekitar dishub. Semua perjalanan kami di kota solo ini bergantung pada google maps karena kami semua belum pernah ke kota solo. Jadi ini merupakan pengalaman pertama di kota solo. Kami menggunakan panduan google maps untuk sampai ke dishub. Perjalan yang cukup lama, karena kami berjalan kaki mau menggunakan angkutan umum masih terlalu pagi, akhirnya kami memutuskan berjalan kaki saja. Tiba di dishub kami mencari sebuah tempat untuk beristirahat sejenak sambil berbagi tugas mencari kos. Hari sudah beranjak siang kamipun mulai bergegas mencari sebuah kos. Tak lama berjalan dari kejauhan terlihat sebuah tulisan "Menerima Kos Putra". Kamipun mempercepat langkah kaki hingga sampai di depan sebuah rumah, tanpa berpikir lama kami langsung saja menemu pemiliknya, namun apa daya pemiliknya sedang keluar. Hari semakin siang menunggu dan hanya menunggu yang bisa kami lakukan, dan pada akhirnya yang di tunggu tunggu datang, proses tawar menawar hingga terjadi kesepakatan, akhinya dapat kos juga. Ini merupakan perjalanan awal Dua Bulan Mencari Jalan di Kota Solo.

Kota Solo
Kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
Minggu pertama di kota solo, awal pekan waktunya untuk memulai tugas wajib. Ini merupakan hari pertama buat kami untuk melaksanakan praktek di dishubkominfo. Hari pertama yang lumayan baik mendapat sambutan baik dari staf di dishub. Tiba di kantor kami di sambut langsung oleh kepala bidang informatika, karena kami mengambil bidang informatika sebagai praktek kerja lapangan sesuai dengan bidang di kampus maka dari itu kami di sambut oleh kepala bidang informatika. hari pertama merupakan edisi perkenalan dan sebagainya. Bapak Jackson keren juga tuh nama, beliau merupakan pimpinan di Bidan informatika yang menyambut kami. Beliau banyak bercerita mulai dari karirnya dan juga bercerita banyak tentang kota solo. Beliau juga bertanya" Mengapa Memilih praktek Dishub Surakarta?" kamipun menjawab "Untuk menambah pengalaman dan mengenal kota solo" begitu jawab kami, setelah lam mengobrol beliau mengenalkan kami kepada Bapak Taufan, bapak taufan ini yang akan membimbing kami selama praktek. Setelah ngobrol banyak beliau mengatakan "Untuk besok libur saja, masuk minggu depan saja kalian keliling solo dulu" nah belum apa apa udah libur, memang pengertian. Kami di beri waktu untuk mengexplore kota solo.

Di minggu pertama ini, dapet waktu untuk jalan jalan di kota solo lumayan untuk mengisi waktu luang. Berjalan jalan menikmati keindahan kota solo di minggu pertama ini saya memilih lokasi yang dekat dekat saja di sekitaran dishub surakarta. Cari cari informasi di google akhirnya menemukan taman balekambang. Taman balekambang ini merupakan sebuah taman yang berada di pusat kota surakarta. Taman ini cocok untuk sekerdar santai menikamati rindangnya pepohonan yang masih alami dengan hamparan rumput yang terbentang. Selain itu di taman balekambang ini juga terdapat kolam ikan yang bisa di peruntukkan untuk bermain wahana air ataupun bagi yang memiliki hobi memancing bisa juga untuk memancing di lokasi itu. Ciri khas budaya yang tetap di lestarikan di taman balekambang ini masih terbukti dengan masih aktifnya gedung kesenian. Gedung kesenian ini tiap minggunya masih sering menggelar pertunjukan pertunjukan seni ataupun wayang. Selain itu taman balekambang ini juga memiliki kawasan penangkaran hewan hewan reptil.

Kota Solo
Taman Sriwedari
Minggu kedua di kota solo aktivitas sudah mulai berjalan. Praktek di dinas perhubungan komunikasi dan informatika kota surakarta sudah masuk. Di awal pekan saya dan kawan kawan kembali ke kantor untuk melaksanakan praktek. Jadwal praktek yang tidak terlalu padat dari hari senin hingga kamis membuat kesempatan untuk saya kembali dapat melakukan kegiatan jalan jalan di kota solo. Jumat sabtu minggu merupakan hari yang cukup panjang untuk sekedar refresing. Untuk kali ini tempat yang menjadi tujuan destinasi merupakan kawasan wisata budaya, Taman Sriwedari sebutan dari sebuah kawasan yang merupakan komplek budaya. Taman Sriwedari ini memiliki gedung pertunjukan dan juga gedung budaya yang di dalamnya menyimpan banyak budaya budaya dan juga pertunjukan wayang kulit maupun ketoprak.

Waktu terus berjalan minggu ketiga di kota solo masih seperti minggu sebelumnya, hari efektif senin sampai kamis kembali melakukan aktivitas rutin menjalani hari hari praktek di dinas perhubungan,komunikasi,dan informatika kota surakarta. Ya itu merupakan kegiatan rutin yang harus di lakukan kan udah tujuan utama ke solo ya kudu di laksanakan. Minggu ketiga ini giliran Balai Kota Solo dan Benteng Vasternburg yang menjadi tujuan jalan jalan kali ini. Balai kota solo pusat keramaian kota solo dan pusat kota solo menjadi daya tarik sendiri. Benteng Vasternburg merupakan bangunan peninggalan jaman belanda dulu masih memiliki pesan pesan sejarah yang tersimpan. Sebenarnya ada tujuan lain lagi yang sebenarnya membawa saya menuju ke temat tempat itu, yakni Melihat Solo Blues Festival ntah itu festival apa, karena mendapat rekomendasi dari pegawai dishub yang apa boleh buat langsung saja nonton. Dan ternyata merupakan festival band dengan genre musik blues, ntah apa itu lagu lagunya takku mengerti, ya yang penting dinikamati sajalah menemani malam minggu.

Minggu keempat pertualangan di kota solo, masih seperti biasa dengan agenda rutin yang di laksanakan di dishub Surakarta. Hari senin sampai kamis masuk praktek melaksanakan tugas kuliah, hari hari yang membosankan namun ya gimana lagi sudah merupakan kewajiban untuk melakukan kegitan rutinitas ini. Jumat sabtu minggu seperti biasa libur, namun minggu kali ini libur tiga hari hanya di gunakan tidur tidur di kos saja, tak ada agenda jalan jalan untuk minggu ke empat ini. Ya tapi apa daya ya sudah kewajiban ya di laksanakan saja meskipun membosankan.

Kota Solo
Puncak Gunung Lawu
Kini bertemu dengan agenda rutin di minggu ke lima. Kembali dengan aktivitas rutin di dishubkominfo untuk melaksanakan praktek rutin. Satu bulan sudah berada di kota solo ini kegiatan rutin masih terlaksana seperti biasa. Hari hari berada di kota solo dengan aktivitas rutin seperti biasa tak terasa sudah sebulan sudah di minggu ke lima ini merupakan giliran bersahabat dengan alam lagi. Berawal dari tawaran teman, akhirnya Gunung Lawu yang menjadi pilihan jalan jalan di minggu ke lima di kota solo ini. Sebelumnya sudah pernah aku ceritakan di pos sebelumnya tentang perjalanan pendakian gunung lawu ini di pos Perjalanan Menuju Puncak Gunung Lawu. Perjalanan yang memberikan pengalaman baru tentang keberadaan alam.

Pejalanan kembali memasuki minggu keenam, masih seperti biasa dengan agenda rutin yang di laksanakan di dishub Surakarta. Seperti biasa senin sampek kamis masuk praktek melaksanakan tugas kuliah, hari hari yang membosankan namun ya gimana lagi sudah merupakan kewajiban untuk melakukan kegitan rutinitas ini. Jumat sabtu minggu seperti biasa libur namun minggu kali ini libur tiga hari hanya di gunakan tidur tidur di kos saja, tak ada agenda jalan jalan untuk minggu ke enam ini. Setelah minggu minggu yang membosankan ini dan tak ada liburan di akhir pekan membuat hari hari semakin membosankan. Ya tapi apa daya ya sudah kewajiban ya di laksanakan saja meskipun membosankan. Libur tiga haari hanya di kos saja tak ada kegiatan yang berarti.

Kota Solo
Bus Tingkat Werkudara
Diminggu ketujuh ini aktivitas rutin masih terlaksana dengan baik. Senin sampai kamis melakukan kegiatan praktek rutin di dishub kota surakarta, tak terasa sudah enam minggu mencari jalan di Kota Solo. Libur tiga hari merupakan libur yang lumayan untuk melakukan kegiatan jalan jalan mengisi liburan. Tujuan liburan di minggu ketujuh ini giliran kota semarang yang menjadi incaran untuk mengisi kekosongan liburan. Lawang sewu dan waduk jatibarang merupakan destinasi yang akan menjadi tujuan di kota semarang, perjalanan yang cukup jauh dari kota solo menuju ke kota semarang. Perjalanan menuju ke kota semarang ini sudah di ceritakan di pos sebelumnya di Gedung Seribu Pintu, Lawang Sewu dan juga cerita di Jembatan Goa Kreo waduk jatibarang. Pengalaman baru di kota baru, kota yang masih belum pernah di kunjungi sebelumnya.

Tak terasa sudah di penghujung minggu terakhir mencari jalan di kota solo. Hari hari terkahir praktek di dinas perhubungan komunikasi dan informatika kota surakarta kegiata yng di lakukan sudah tak membosankan lagi, mungkin karena sudah akhir akhir jadi sudah waktunya untuk perpisahan itu mungkin yang membuat tak membosankan lagi. Minggu terakhir kini giliran Bus Tingkat Werkudara yang akam menjadi destinasi terakhir di kota solo ini. Bus werkudara ini akan mengantarkan kita untuk menikmati kota solo dengan suasana bus tingkat. Keliling Kota Solo Dengan Bus Tingkat Werkudara, dengan menikmati pesona budaya yang terdapat di kota solo.

Kota Solo
Stadion Manahan Solo
Terima kasih sudah membaca Dua Bulan Mencari Jalan di Kota Solo semoga bermanfaat. Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus esok hari nanti maka akan menjadi sesuatu yang besar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dua Bulan Mencari Jalan di Kota Solo"

Posting Komentar