.

.
EsokHariNanti

Jalur Pendakian Gunung Lawu

Gunung Lawu
Peraturan dan Peta Pendakian Gunung Lawu
Jalur Pendakian Gunung Lawu, Pendakian gunung lawu 3265 mdpl. Gunung lawu ini terletak di perbatasan jawa timur dan jawa tengah, status gunung lawu adalah gunung api istirahat mengapa begitu, karena gunung lawu ini sudah lama tidak aktif. Mungkin karena status gunung lawu ini aman yang membuat para pendaki memilih gunung lawu ini. Jalur pendakian ke gunung lawu ini ada dua jalur, yatu jalur cemoro kandang dan cemoro sewu. Untuk basecamp Cemoro kandang di Tawangmangu, Jawa Tengah, serta Cemoro sewu, di Sarangan, Jawa Timur. Gerbang masuk keduanya terpisah hanya 200 m. Kedua jalur ini merupakan jalur pendakian standart menuju ke puncak gunung lawu. 

Jalur Pendakian Cemoro Kandang

Gunung Lawu
Posko Basecamp Cemoro Kandang
Jalur Pendakian Gunung Lawu via cemoro kandang ini merupakan jalur pendakian yang nyantai karena rute yang di lalui tidak terlalu menanjak terdapat jalur landai namun jalur ini memakan waktu lebih lama. Sebelum berangkat lakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum mendaki. Tiket mendaki Rp 10.000/orang. Untuk parkir kendaraan motor Rp 3.000, mobil RP 10.000. Persiapan terakhir sebelum berangkat adalah cek perlengkapan mendaki dan cek juga kondisi kesehatan. Satu lagi jangan lupa berdoa sebelum memulai pendakian. Pendakian dari basecamp menuju  pos 1, pendakian ini bisa di tempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam. Rute yang di lewati merupakan trek tanah padat dan trek kebanyakan traking landai. Pada jalur ini kita akan menyusuri hutan pohon cemara. Dari pos 1 menuju ke pos 2 dapat di tempuh dengan waktu kurah lebih 1 jam. Tek menuju pos 2 juga masih sama dengan trek menuju ke 1. Perjalanan dari Pos 2 menuju pos 3 dapat memakan waktu kurang lebih 2 jam trek. Jalur pada pada rute ini kebanyakn landai karena menyusuri lereng perbukitan namun ketika hampir tiba di pos 3 medan sudah mulai menanjak jadi butuh tenaga extra. Dari pos 3 menuju ke pos 4 dapat di tempuh dengan waktu 2 jam dengan rute yang berak karena melewati medan berbatuan dan trek menanjak perlu extra hati hati ketika melewati tek batu yang menanjak. Dari pos 4 menuju ke pos 5 cukup memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan, dengan medan yang tidak begitu berat dan banyak jalan landai karena menyusuri bukit. Pos 5 ini merupakan pos persimpangan antara rute dari cemoro kandang dan rute dari cemoro sewu. Di trek ini akan memasuki kawasan pasar dieng yaitu hamparan padang edelweis di selinggi bebatuan yang tertata rapi, menurut mitos pasar dieng adalah pasarnya Setan. Jika melihat ke arah utara yaitu sisi pasar dieng mata kita pasti akan tertuju pada sebuah bukit yang memiliki menara BTS, yaitu bukit Hargo Kahyangan. Kemudian dari pos 5 menuju ke Puncak Hargo Dumilah dapat di tempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam, dengan medan trek berbatu dan menanjak. Setelah itu kita dapat meikmati puncak Gunung Lawu dengan nama puncak tertinggi yaitu Puncak Hargo Dumilah 3265 mdpl. Keindahan alam di gunung lawu ini masih sangat asri dan alami semoga esok hari nanti keindahan ini masih bisa tatap terjaga dengan baik.

Jalur Pendakian Cemoro Sewu


Gunung Lawu
Posko basecam cemoro sewu
Jalur Pendakian Gunung Lawu via cemoro sewu ini, merupakan jalur yang lebih cepat dari pada jalur cemoro kandang namun trek yang akan di lewati menanjak. Sebelum berangkat lakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum mendaki. Tiket mendaki Rp 10.000/orang. Untuk parkir kendaraan motor Rp 3.000, mobil RP 10.000. Persiapan terakhir sebelum berangkat adalah cek perlengkapan mendaki dan cek juga kondisi kesehatan. Satu lagi jangan lupa berdoa sebelum memulai pendakian. Pendakian di mulai dari basecamp menuju ke pos 1 dapat di tempu kira kira dengan waktu 1 jam jalur ini masih cukup landai di pos 1 ini terdapat shelter untuk di gunakan beristirahat.  Dari pos 1 menuju ke pos 2 akan memakan waktu kurang lebih 2jam 30 menit ini merupakan jarak terpanjang dengan trek menanjak dan jalur bebatuan. Dari pos 2 menuju ke pos 3 bisa di tempuh dengan waktu 1jam dengan kondisi trek semakin menanjak di sinilah kondisi tenaga akan sangat terkuras. Dari pos 3 menuju ke pos 4 dapat di tempuh dengan 1 jam perjalanan. jalur ini masih sangat menanjak karena pos ini sudah berada di ketinggian 2800 mdpl. dari pos 4 menuju ke pos 5 hanya membutuhnkan waktu 30 menit  jalur pendakiannya mulai landai dengan trek tanah yang tidak begitu keras. Pos 5 menuju Puncak Hargo Dumilah membutuhkan waktu 1 jam dengan kondisi trek menanjak. setelah pos lima ini kita akan melewati sendang drajat yang merupakan sumber air bersih dan ada juga sebuah warung makan. Selain itu akan melewati juga warung mbok yem,  ini merupakan warung tertinggi di pulau jawa. di warung ini kita bisa menikmati makanan sama halnya dengan warung warung biasanya, di warung mbok yem ini juga di sediakan tempat yang cukup luas bagi para pendaki yang ingin bermalam. Selanjutnya trek lagi dengan medan trek full menanjak sampai di puncak. Setelah itu kita dapat meikmati puncak Gunung Lawu dengan nama puncak tertinggi yaitu Puncak Hargo Dumilah 3265 mdpl. Keindahan alam di gunung lawu ini masih sangat asri dan alami semoga esok hari nanti keindahan ini masih bisa tatap terjaga dengan baik.


Gunung Lawu
Foto di Tugu Puncak Gunung Lawu
Terima kasih sudah membaca Jalur Pendakian Gunung Lawu semoga bermanfaatKetika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus esok hari nanti maka akan menjadi sesuatu yang besar.

Cari Rute Perjalanan Ini di Maps

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jalur Pendakian Gunung Lawu"