.

.
EsokHariNanti

Jalur Pendakian Gunung Semeru

Gunung Semeru
Puncak Gunung Semeru
Jalur Pendakian Gunung Semeru, gunung semeru ini merupakan gunung tertinggi di pulau jawa. Gunung tertinggi di pulau jawa ini memiliki puncak yang sering di sebut dengan Mahameru. Dengan ketinggian yang di milikinya 3.676 mdpl. Gunung ini memberikan banyak keindahan yang dapat memanjakan mata apalagi dengan Ranu Kombolo yang merupakan surganya semeru.  Disina banyak pemandangan yang indah itu merupakan salah satu hal para pendaki betah berada di Gunung Semeru ini. Untuk menuju ke puncak mahameru kita mengawali pendakian dari desa terakhir yaitu ranu pane.

Gunung Semeru
Jalur Pendakian Gunung Semeru
Jalur Pendakian Gunung Semeru, jalur pendakian di mulai dari desa Ranu Pane. setelah itu semua di mulai dengan melangkah. Di ranu pane ini juga kita melakukan registrasi untuk pendakian sebelum sampai di mahameru. Di sini kita melakukan pendataan anggota kelompok dan barang barang logistik serta perlengkapan yang di bawa juga melampirkan surat keterangan kesehatan. Jika semua sudah memenuhi prosedur barulah kita di perbolehkan mendaki namun sebelum itu kita akan di beri pengarahan terlebih dahulu oleh petugas di TNBTS tentang medan medan dan peraturan pendakian gunung semeru.

Ranu Pane menuju ke Ranu Kumbolo

Jalur Pendakian Gunung Semeru ini di mulai dari desa terakhir yaitu ranu pani. di sinilah awal dari pendakian setelah dari pos langsung saja mencari sebuah gapura yang Bertuliskan "Selamat Datang Para Pendaki Gunung Semeru". Setelah itu perhatikan terus ke kiri ke arah bukit, jangan mengikuti jalanan yang lebar ke arah kebun penduduk. Kemudian akan menemui jalan setapak, jalur yang akan di lewati cukup landai, menyusuri lereng bukit yang didominasi tumbuhan alang-alang. Tidak ada tanda penunjuk arah jalan, tetapi jalur ini sudah mudah karena beberapa bagian jalur sudah ada paving. Kadang terdapat pohon tumbang, dan ranting-ranting diatas kepala, sehingga kita harus sering merundukkan kepala, tas karier yang tinggi sangat tidak nyaman. Setelah berjalan cukup lama sekitar 5km menyusuri lereng bukit yang banyak ditumbuhi Edelweis, maka akan sampai di Watu Rejeng. Di sini dapat melihat batu terjal yang sangat indah. Pemandangan yang di suguhkan memanjakan mata kita. Setelah itu perjalanan di lanjutkan kembali dengan mendak yang tidak begitu berat hanya menyusuri lereng bukit. Dari sini menuju pos di Ranu Kumbolo yang masih harus kita tempuh dengan jarak sekitar 4,5 Km. Pemandangan yang indah akam memberikan kesan tersenderi sehingga perjalanan tak akan terasa capek. Sampai di ranu kumbolo sebaiknya kita mendirikan tenda karena disini terdapat danau yang memiliki air bersih, dan juga pemandangan disini sangat indah. Banyak terdapat ikan, kadang burung belibis liar. Ranu Kumbolo berada pada ketinggian 2.400 mdpl.

Ranu Kumbolo  Menuju ke Kalimati

Jalur Pendakian Gunung Semeru selanjutnya yaitu menuju ke kalimati pos yang lebih menantang lagi. Perjalanan menuju kalimati cukup melelahkan karena medan yang di lalui merupakan trek landak yang panjang dan menanjak. Pada perjalanan ini udahakan membawa banyak persediaan air. Karena menuju ke kalimati dengan ketinggian 2700 mdpl akan banyak menguras tenaga. perjalanan menuju kali mati ini kita melewati tanjakan yang sangat terjal, yang biasa di sebut "Tanjakan Cinta" karena bukit yang di lewati mirip dengan lambang cinta maka dari itu di sebut dengan tanjakan cinta. Pemandangan yang sangat indah ketika sudah mulai meninggalkan ranu kumbolo. Setelah melewati bukit kita akan di sambut oleh terbentang padang rumput yang luas yang dinamakan oro-oro ombo. Oro-oro ombo dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang sangat indah, padang rumput luas dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus. Di kejauhan tampak puncak Gunung Semeru menyemburkan asap wedus gembel. Selanjutnya kita memasuki hutan Cemara dimana kadang-kadang kita jumpai burung dan kijang. Setelah berjalan cukup lama maka kita akan sampai di pos Kalimati, disini kita dapat mendirikan tenda untuk beristirahat dan mempersiapkan fisik. Pos ini berupa padang rumput luas di tepi hutan cemara, sehingga banyak tersedia ranting untuk membuat api unggun dan juga teerdapat sumber mata air. 

Kalimati Menuju ke Arcopodo

Jalur Pendakian Gunung Semeru untuk menuju Arcopodo dari kalimati. Arcopodo berjarak 1 jam dari Kalimati melewati hutan cemara yang sangat curam, dengan tanah yang mudah longsor dan berdebu. Di arcopodo juga dapat di jadikan tempat berkemah, tetapi kondisi tanahnya kurang stabil dan sering longsor. Sebaiknya menggunakan kacamata dan penutup hidung karena banyak abu beterbangan. Arcopodo berada pada ketinggian 2.900m. Arcopodo adalah wilayah vegetasi terakhir di Gunung Semeru, selebihnya kita akan melewati bukit pasir.

Arcopodo Menuju ke Mahameru

Jalur Pendakian Gunung Semeru perjalanan menuju puncak mahameru cukup menguras tenaga karena kita melewati jalan berpasir menuju tanjakan yang terjal. Dari Arcopodo menuju puncak Semeru diperlukan waktu 3-4 jam, melewati bukit pasir yang sangat curam dan mudah merosot. Semua barang bawaan sebaiknya kita tinggal di Arcopodo atau di Kalimati. Pendakian menuju puncak dilakukan pagi-pagi sekali sekitar pukul 02.00 pagi dari Arcopodo. Suhu dipuncak Mahameru berkisar 4 - 10 derajad Celcius, pada puncak musim kemarau minus 0 derajat Celcius, dan dijumpai kristal-kristal es. Cuaca sering berkabut terutama pada siang, sore dan malam hari. 

Gunung Semeru

Terima kasih sudah membaca Jalur Pendakian Gunung Semeru semoga bermanfaat.  Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus esok hari nanti maka akan menjadi sesuatu yang besar.

Cari Rute Perjalanan di Maps


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Jalur Pendakian Gunung Semeru"

  1. Harusnya dekat dengan semeru. Tapi belum pernah ke sana. Nggak mungkin bawa anak2 sih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu anak anaknya tumbuh dewasa baru di ajak

      Hapus
    2. Tunggu anak anaknya tumbuh dewasa baru di ajak

      Hapus