.

.
EsokHariNanti

Menitih Langkah Grojogan Pitu



Grojogan Pitu
Air Terjun Grojogan Pitu
Air Terjun Grojogan Pitu ini,Tepatnya berada di desa Tulung Rejo , Kecamatan  Pujon Kidul  Kabupaten Malang. Kawasan ini masih belum begitu dikenal oleh masyarakat luas, dan hanya dikenal di sekitar daerah Pujon dan segelintir orang saja yang tau. Air Terjun Grojogan Pitu masih alami serta tersembunyi di tengah hutan. Air Terjun Grojogan Pitu memiliki ketinggian rata-rata 45 meter. Nama Grojogan Pitu ini menggambarkan banyaknya aliran air di kawasan belantara yang bisa dibilang masih perawan tersebut.

Grojogan Pitu
Jalan menuju ke Grojogan Pitu
Untuk menuju Desa Pujon Kidul dari Kota Malang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Batu, langsung menuju arah Pujon ataupun Jombang-Kediri. Setelah melewati patung tugu sapi, terdapat pertigaan Ringin Punden lalu berbelok ke kiri. Lalu lurus menuju arah ke barat sampai masuk Desa Pujon Kidul. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Landungsari naik bus Puspa Indah jurusan Jombang-Kediri atau naik angkutan BNK (jurusan Batu-Ngantang-Kasembon) jika dari Terminal Batu. Setelah pertigaan patung sapi, lalu turun di pertigaan ojekan Ringin Punden. Dari sini kemudian bisa naik ojek menuju ke Pujon Kidul. Hingga sampai pada pos pintu masuk menuju Grojogan Pitu ini. 

Grojogan Pitu
Foto Bersama di Penunjuk Arah Menuju Grojogan Pitu
Perjalanan Maasih belum selesai, setelah tiba di pos perijinan perjalanan di lanjukan dengan berjalan kaki. Jarak yang di tempuh lumayan jauh, 7 km jarak yang harus di tempuh untuk sampai di Air Terjun Grojogan Pitu. Perjalanan harus melintasi jalan setapak yang ekstrim dan naik turun bukit. Menembus hutan pinus, hutan belantara, hingga rumput padang ilalang dengan jurang yang amat dalam.

Grojogan Pitu
Perjalanan Melewati Curamnya Tebing
Jalur offroad merupakan trek yang harus di lewati dari perjalanan awal trek ini yang harus melewati jalan yang berlubang, berbatu, naik, dan turun serta menanjak sejauh 2,5 kilometer dari Dusun Tulungrejo. Jalur ini bisa dilewati dengan mobil sepeda motor atau jalan kaki tergantung dari selera masing masing. Kemudian setelah melewati jalur offroad maka kita akan di hadapi dengan trek mendaki, Di medan ini, kita harus mendaki sejauh sekitar 3 kilometer ke trak berikutnya dengan kontur tanah yang naik turun melewati semak berduri dan rumput ilalang. Di jalur ini, kita dimanjakan dengan pemandangan gunung dan tebing yang indah serta cukup curam berada di sisi kanan kiri.

Grojogan Pitu
Pemandangan Selama Perjalanan Menuju Grojogan Pitu
Grojogan Pitu
Perjalanan Menuju Grojogan Pitu
Jalur terakhir yang harus dilewati untuk sampai di Air Terjun Grojogan Pitu adalah jalan sempit dengan tebing curam di samping kanannya. Kemudian dilanjutkan dengan menembus tebing yang diselimuti oleh tumbuhan yang lebat. Di sini merupakan area yang cukup ber bahaya karena kondisi dari jalan yang setapak dan lincin ini membuat kita untuk extra hati hati.

Grojogan Pitu
Air Terjun Grojogan Pitu
Setelah menempuh perjalanan cukup melelahkan 2-3 jam perjalanan kita akan disambut dengan air terjun yang cukup besar. Hawa dingin, air bersih yang dingin, bunyi gemericik air dan alam yang hijau tenang serta damai menyambut kedatangan kita. dan waktunya untuk menikmati keindahan panorama alam Air Terjun Grojogan Pitu.

Grojogan Pitu
Foto Bersama di Grojogan Pitu
Grojogan Pitu
Foto di Grojogan Pitu
Terima kasih sudah membaca Menitih Langkah Grojogan Pitu semoga bermanfaat.  Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus maka akan menjadi sesuatu yang besar.



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Menitih Langkah Grojogan Pitu"