.

.
EsokHariNanti

Air Terjun Blawan


Air Terjun Blawan
Air Terjun Blawan
Air Terjun Blawan adalah lanjutan dari aliran Sungai Kali Pahit, yang juga merupakan tempat pembuangan air dari Kawah Ijen.  Air dari air terjun ini berjalan turun ke bumi atau tidak mengalir di permukaan bumi, namun masuk ke suatu terowongan atau sungai yang berada di bawah tanah yang kemudian ditampilkan lagi atau muncul di Asembagus, Kabupaten Situbondo ke Laut Jawa. Air Terjun Blawan memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dan berwarna kekuningan.  Warna kuning sesungguhnya adalah kandungan belerang yang mengalir dari mata air belerang dari gunung Ijen. Air terjun itu mengebulkan uap di antara bukit-bukit hijau dengan tebing tajam dan goa berstalagmit.

Air Terjun Blawan
Menikmati Air terjun Blawan
Air Terjun Blawan
Menikmati Air Terjun Blawan
Saat pulang dari wisata ke Kawah Ijen, lewatlah jalur yang menuju Kota Bondowoso. Memang lebih jauh dibandingkan jalur menuju kota Banyuwangi, namun kita bisa sekalian menikmati tiga air terjun cantik yang lokasinya berdekatan.Dalam perjalanan pulang, setelah 20 menit berkendara dari Paltuding yang merupakan area parkir dan tempat istirahat bagi wisatawan sebelum menuju Kawah Ijen, pertama kita akan melewati Air Terjun Kali Pahit. Air terjun ini terlihat dengan jelas dari jalan, dan hanya perlu waktu tiga menit turun dari kendaraan menuju ke sana.

Air Terjun Blawan
Menikmati Keindahan Air Terjun Blawan
Tidak seperti air terjun pada umumnya yang aliran airnya nyaris tegak lurus, Air Terjun Blawan bentuknya agak landai. Air mengalir di bebatuan yang bentuknya memanjang, membuat air terjun ini terlihat berbeda. Airnya sendiri berwarna kehijauan dan dipenuhi busa. Informasinya, air yang mengalir di sini kandungan belerangnya sangat tinggi dan merupakan rembesan dari Kawah Ijen.

Air Terjun Blawan
Air Terjun Blawan
Air Terjun Blawan
Air Terjun Blawan
Dari pintu masuk menuju air terjun, kita jalan kaki sebentar kemudian naik tangga sekitar 5 menit. Setelah itu bersambung menuruni tangga dengan waktu yang sama, maka kita akan sampai ke lokasi. Tidak seperti air terjun lainnya yang bisa dilihat dari arah depan, Air Terjun Blawan hanya dapat dilihat dari sisi samping, yaitu dari sisi sebelah kanan.

Air Terjun Blawan
Air Terjun Blawan
Air Terjun Blawan
Air Terjun Blawan
Terima kasih sudah membaca Air Terjun Blawan semoga bermanfaat.  Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus maka akan menjadi sesuatu yang besar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Terjun Blawan"

Posting Komentar