.

.
EsokHariNanti

Tipe Data dan Variable pada Visual Basic


Tipe Data
Tipe merupakan pola representasi suatu data di komputer dan berfungsi untuk mendefinisikan objek yang akan diprogram. Pada prinsipnya, tipe menentukan representasi internal data atau suatu nilai. Tipe data digunakan untuk menyimpan dan merepresentasikan data di dalam aplikasi. Bahasa-bahasa pemrograman di .NET merupakan strongly typed, yang berarti bahwa setiap variabel dan ekspresi memiliki tipe yang harus diketahui pada saat kompilasi. Tipe data di .NET diklasifikasikan ke dalam dua bagian: tipe value dan tipe reference. Tipe-tipe primitif (kecuali string), enumerasi, dan struktur merupakan tipe value. Adapun kelas, string, modul standar, interface, array, dan delegate merupakan tipe reference. Tipe primitif Visual Basic .NET terdiri dari integer (Byte, Short, Integer, Long), floating-point(Single, Double, Decimal), Boolean, dan Char. Tipe-tipe ini diidentifikasi melalui keyword, yang merupakan alias untuk tipe predefineddi namespace System.

Variabel
Variabel adalah suatu lokasi di memori, di mana interpretasinya bergantung pada kelas penyimpananyang ditentukan berdasarkan keyword dan konteks deklarasinya dan tipenya. Pada dasarnya, setiap variabel memiliki nama (yang dikenal sebagai identifier), tipe, dan ruang lingkup (scope) atau visibilitas (visibility).

Coding Standard
Dalam kaidah pemrograman, suatu kode program harus mudah dibaca dan dipelihara. Perlu diketahui, kemudahan suatu kode untuk dibaca bukan hanya oleh pembuatnya sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Berikut ini adalah aturan-aturan dasar yang bisa membantu untuk menghasilkan kode program yang standar.

Notasi Penamaan
Dalam penamaan objek atau variabel, disarankan menggunakan notasi yang telah ditetapkan.
  • Notasi Pascal: Notasi ini terdiri dari huruf besar di setiap awal kata, contohnya MyVar. Notasi Pascal disarankan untuk digunakan pada penamaan class, method, properti, event, enumerasi, field public, dan namespace. Khusus untuk penamaan interface, sebaiknya diawali huruf I, contohnya INamaInterface.
  • Notasi Camel: Notasi ini terdiri dari huruf kecil di awal kata dan diikuti huruf besar untuk kata berikutnya, contoh myVar, getDataConn, dan sebagainya. Notasi ini digunakan untuk parameter yang dilewatkan ke method, variabel-variabel lokal, dan anggota-anggota class dengan access modifier Private atau Protected.
  • Notasi Upper: Notasi ini terdiri dari huruf besar semua dan dipisahkan karakter garis bawah apabila ada beberapa kata, contohnya MAX, MAX_DATA, dan sebagainya. Notasi ini sering digunakan untuk penamaan konstanta. 
Standar Penamaan
Mengacu pada standar pembuatan program VB.NET, berikut ini adalah daftar standar penamaan yang disarankan. Diharapkan, dengan mengikuti standar yang ada, maka kode program akan lebih mudah dibaca serta dipahami—baik oleh pemrogram sendiri maupun orang lain.















Konversi
Keberagaman tipe data di bahasa pemrograman berpotensi memicu terjadinya konversi data. Konversi bisa diartikan sebagai upaya pengubahan suatu entitas dari satu tipe data ke tipe data lainnya. Konversi ini bisa berupa widening atau narrowing. Konversi widening adalah konversi dari satu tipe ke tipe lainnya yang dijamin dapat dilakukan—misalnya konversi dari tipe turunan ke tipe dasar. Di sisi lain, konversi narrowing tidak bisa dipastikan akan selalu berhasil dan berpotensi menimbulkan hilangnya informasi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Data dan Variable pada Visual Basic"

Posting Komentar