.

.
EsokHariNanti

Keindahan di Balik Pulau Sempu

Keindahan di Balik Pulau Sempu
Kindahan di Balik Pulau Sempu
Keindahan di Balik Pulau Sempu, Kawasan terpencil yang tenar di kalangan wisatawan tersebut bernama Pulau Sempu. Lokasinya berada di pantai selatan Kabupaten Malang dan secara administratif masuk Desa Tambak Rejo Desa, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pulau Sempu berada tak jauh dari Pantai Sendang Biru. Dari Kota Malang, lokasinya  sekira 80 kilometer dan dari ibu kota Jawa Timur.  Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. 

Keindahan di Balik Pulau Sempu
Foto bersama sebelum menuju pulau sempu
Daya tarik utama pulau kecil nan cantik ini adalah Laguna Segara Anakan yang terletak sekira 2,5 km arah selatan pulau. Tersembunyi jauh di lingkar hutan tropis yang lebat, laguna seluas sekira 4 hektar tersebut merupakan tempat yang menawan. Pantai berpasir putih bertemu dengan birunya air yang tenang dan terpisah dari lautan lepas sebab dikelilingi batuan karang. Air di Laguna Segara Anakan ini tenang dan karenanya merupakan tempat yang sempurna untuk berenang. Dengan lokasinya yang terpencil dan jalur yang agak sulit diakses, Segara Anakan menyuguhkan suasana intim dan privat. 

Keindahan di Balik Pulau Sempu
Narsis Sebelum Menjelajah
Perjalanan menuju Keindahan di Balik Pulau Sempu adalah petualangan yang menantang siapa saja yang ingin menjamah  Laguna Segara Anakan. Petualangan dimulai dengan menyeberangi selat dari Pantai Sendang Biru menuju ke Teluk Semut di Pulau Sempu. Dari sini, perjalanan dilanjutkan melalui jalur trekking selama kira kira dua jam perjalanan itu kalau normal, namun perjalanan kali ini berbeda dari biasanya kondisi dalam musim penghujan keadaan medan menjadi lebih sulit di akses. Akses medan yang berlumpur membuat pejalanan menjadi lambat dan menguras tenaga, perjalanan yang seharusnya di tempuh dengan dua jam perjalanan kali ini menjadi lima jam perjalanan melalui hutan lebat dan melintasi jalan curam dan terjal sebelum tiba di lokasi laguna. Meski jalur yang dilalui agak sulit dan licin tetapi usaha menyaksikan keindahan yang ditawarkan laguna cantik yang tersembunyi ini memang layak diperjuangkan. 

Keindahan di Balik Pulau Sempu
Perjalanan Menuju Pulau Sempu dengan Perahu
Pulau Sempu letaknya berada di selatan Malang, dan masuk bagian dari Kabupaten Malang. Pantai Sendang Biru adalah dermaga untuk menuju Pulau Sempu, dari sini tak butuh waktu lama untuk menyeberang, tak sampai setengah jam itupun dengan kecepatan perahu yang begitu pelan. Selain itu jangan lupa untuk mencatat nomer telepon pemilik perahu,  untuk menghubungi pemilik perahu ketika minta jemputan pulang dari Pulau Sempu.

Keindahan di Balik Pulau Sempu
Menikmati keindahan alan Pulau Sempu
Setelah melewati perjuangan menjelajahi hutan yang penuh dengan tantangan juga menguras tenaga, setelah berjam jam perjalanan akhirnya terbayar juga usaha yang di lalui, Laguna Segara Ananakan yang merupakan Keindahan di Balik Pulau Sempu akhirnya terlihat juga. Tanpa berpikir lama langsung saja menikmati Keindahan Pulau Sempu.

Keindahan di Balik Pulau Sempu
Laguna Segara Anakan
Keindahan di Balik Pulau Sempu
Foto bersama di Laguna Segara Anakan
Keindahan di Balik Pulau Sempu
Foto bersama di Laguna Segara Anakan
Tempat yang begitu indah seharusnya dijaga dengan begitu baik, bukan berarti saya mengatakan harus menutup tempat ini agar tetap lestari, bukan itu. Tapi harus ada aturan ketat dimana apa yang anda bawa masuk itu jugalah yang anda bawa keluar. Hal ini harus diterapkan, mengingat banyaknya sampah yang berserakan di sekitar Segara Anakan, dari sampah bungkus permen sampai tas kresek banyak ditemukan, bahkan botol-botol beling juga ada.

Keindahan di Balik Pulau Sempu
Pantai selatan Pulau Sempu
Terima kasih sudah membaca Keindahan di Balik Pulau Sempu semoga bermanfaat.  Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus maka akan menjadi sesuatu yang besar.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Keindahan di Balik Pulau Sempu"

  1. Ahahahaha koyok'e Februari positif Sempu 4 hari ae wes ah hahaha. Ayok kancani!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyyo ta yakin mrunu, persiapane ojo dadak hahaha

      Hapus