.

.
EsokHariNanti

Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Sumber Pitu
Air Terjun Sumber Pitu
Air terjun Sumber Pitu terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Desa ini terletak di wilayah paling selatan Kecamatan Tumpang dan berbatasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger  Semeru. Coban yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Malang ini merupakan salah satu sumber mata air terbesar di desa Duwet Krajan.

Air Terjun Sumber Pitu
Perjalanan Menuju Air Terjun Sumber Pitu
Sumber Pitu berasal dari mata air yang muncul di tujuh titik yang hampir berdekatan. Uniknya, mata air coban ini berada di tebing dan air yang keluar dari tanah langsung menyembur sebagai air terjun yang jumlahnya sangat banyak. Debit sumber air di Sumber Pitu mencapai 1.600 L/detik. Mengingat banyaknya sumber dan debit air yang keluar tersebut, kemungkinan coban ini merupakan sungai di bawah tanah. Masyarakat setempat percaya bahwa Sumber Pitu masih ada hubungannya dengan Gunung Bromo. Air terjun ini sering digunakan masyarakat dari luar desa sebagai tempat ritual. Mereka percaya bahwa air yang langsung keluar dari tanah dan menyembur merupakan air suci. Banyak orang yang datang membawa botol dan diisi air untuk dibawa pulang atau diminum langsung.

Air Terjun Sumber Pitu
Gapura pintu masuk Desa Duwet dan Pintu Masuk Sumber Pitu
Perjalanan dimulai, Berangkat dari kota malang menuju sebuah destinasi Air Terjun Sumber Pitu. Seperti biasa perjalanan yang bisa di sebur dadakan ini, tapi ya di rencanakan sebelumnya meskipun cuma di rencanakan dengan sehari. Hari sabtu tiba waktunya perjalanan, sesuai dengan rencana yang di buat sebelumnya persiapan di mulai langkah awal sebelum keberangkatan yang terpenting adalah kumpulnya para personilnya terlebih dahulu. Sesuai perjanjian kumpul di depan gerbang Universitas Negeri Malang pukul 08.00 WIB, tapi namanya juga jam karet ada aja yang bikin telat para para pelakunya Ibad, Dian, Lutfiana, Isya, Venti dan saya sendiri Anggar. Setelah semua berkumpul perjalanan di mulai, berangkat menuju tumpang, perjalanan sekitar satu jam dengan di tempuh menggunakan sepeda motor.

Air Terjun Sumber Pitu
Penunjuk Arah Menuju Sumber Pitu
Perjalanan menuju tumpang lancar terkendali, namun ketika sampek di tumpang kita kebingungan arah, mau menuju ke mana. tanpa berpikir lama langsung saja buka gps eh pake gps bukannya nyampek di lokasi, yang ada malah nyasar, alhasil perjalanan tambah jauh. Tanpa berpikir lama langsung saja tanya sama orang sekitar. Perjalanan menuju Air Terjun Sumber ini searah dengan Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Sumber Pitu
Foto Bersama saat perjalanan menuju Sumber Pitu
Satu-satunya penunjuk arah, kalo ada gapura di kiri jalan yang tulisannnya "desa Duwet Krajan"langsung saja belok itu belokannya. Untuk nyampe ke lokasi air terjun kita mesti jalan kaki dulu sekitar 30 menitan, soalnya jalannya tanah, cuma setapak trus naik turun lumayan curam. Sebenernya bisa pake motor, cuma resikonya besar mending jalan kaki lebih sehat.Demi keamanan juga akhirnya motor dititipkan di rumah penduduk, mari kita jalan kaki.

Air Terjun Sumber Pitu
Menaiki tangga bambu
Menaiki tangga bambu
Jalan kaki melewati jalanan tanah naik dan turun bukit Sepanjang jalan ini pemandangannya adalah kebon, macam-macam ada kebon tomat, kebon labu, kebon cabe, kebon kol, dan sayur-sayuran lain. Jadi di bukit-bukit sejauh mata memandang , semuanya udah dibuka jadi lahan. Mungkin itu juga salah satu penyebab daerah ini rawan longsor. Setelah melewati jalanan tanah perjalanan mendapatkan tantangan baru dari sebuah tangga yang harus di lewati untuk sampai di lokasi Air Terjun Sumber Pitu.

Air Terjun Sumber Pitu
Air Terjun Sumber Pitu
Air Terjun Sumber Pitu
Foto Bersama di Air Terjun Sumber Pitu
Setelah melewati perjalanan perjalanan yang bekitu melelahkan naik turun bukit juga tangga bambu akhirnya sampai juga di tujuan Air Terjun Sumber Pitu. Waktunya untuk menikmati keindahan alam dan tak lupa juga untuk mengabadikannya.

Air Terjun Sumber Pitu
Foto Bersama di Air Terjun Sumber Pitu
Terima kasih sudah membaca Air Terjun Sumber Pitu semoga bermanfaat.  Ketika alam dan pertualangan memanggil, Kejarlah dengan caramu. Waktu kita sangat sempit, tetapi belum terlambat untuk melakukan sesuatu sekarang. mulailah dengan hal yang kecil, hal kecil bila dilakukan terus menerus maka akan menjadi sesuatu yang besar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Terjun Sumber Pitu"

Posting Komentar