.

.
EsokHariNanti

Pantai Sukamade Surganya Para Penyu

Pantai Sukamade Surganya Para Penyu

Pantai Sukamade dikenal miliki jungle track ekstrem dan juga sebagai istana penyu. Lokasinya terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.Pantai ini ada di wilayah Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Menuju ke Pantai Sukamade yang jaraknya hampir 100 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan. Sebelum tiba di Pantai Sukamade, dalam perjalanan juga akan melewati 2 pantai. Pertama Pantai Rajekwesi yang merupakan pantai sekaligus dermaga para nelayan di Desa Sarongan. Yang kedua adalah Teluk Hijau, pantai yang sangat indah dengan warna air biru kehijauan.

Pantai Sukamade Surganya Para Penyu

Pantai Sukamade Surganya Para Penyu

Jalanan berkelok serta menanjak bebukitan, batuan terjal dan tanah becek sengaja dibiarkan alami agar pengunjung merasakan sensasi perjalanan yang tak terlupakan. Perjalanan menantang itu hampir sepanjang 30 kilometer. 10 Kilometer mendekati Pantai Sukamade terbilang yang paling menegangkan. Sebab, pengalaman seru bakal tak terlupakan ketika kendaraan harus melewati sungai. Sungai kedalamannya bisa 40 cm bahkan kadang bisa sampai satu meter, itu pun kalau pas surut. Sungai ini akses termudah yang bisa dilewati, ada jalur selain ini tapi masih berputar arah lain sejauh 15 km lagi dan itu juga sama-sama melewati sungai, cuma sungainya lebih dangkal. Setelah melalui 5 jam perjalanan yang mendebarkan, kita bisa melihat aktivitas penyu bertelur di pesisir sembari menikmati keheningan suasana hutan TNMB. Di lokasi penangkaran penyu itu, juga terdapat fasilitas cottage, camping ground, mushala serta kamar mandi umum yang bisa dinikmati wisatawan yang bermalam.

Pantai Sukamade Surganya Para Penyu

Pantai Sukamade Surganya Para Penyu

Sedikit kisah mengenai penyu di Sukamade. Dahulu, penyu di Sukamade sempat terancam keberadaannya karena diburu oleh masyarakat sekitar. Tapi kini ada penangkaran khusus penyu yang mengumpulkan telur yang ditanam untuk kemudian dilepaskan setelah anak-anak penyu (tukik) menetas. Untuk melihat penyu yang bertelur, pengunjung dapat mengikuti tur dengan pemandu yang dimulai pada malam hari -- karena biasanya para penyu mulai naik ke pantai sekitar pukul 19.30 dan kembali ke laut setelah pukul 24.00. Para peserta yang menyaksikan penyu bertelur dianjurkan untuk tidak menggunakan lampu kilat untuk kamera dan tidak membuat gaduh. Ini disebabkan oleh karena penyu takut pada suara berisik dan cahaya. Penyu memilih tempat bertelur yang jauh dari jangkauan ombak karena telur penyu sulit menetas jika terkena air laut. 

Pantai Sukamade Surganya Para Penyu

Pantai Sukamade Surganya Para Penyu

Ratusan telur penyu yang dipendam kemudian dibawa ke tempat penangkaran. Setelah melalui waktu 60-75 hari telur-telur akan menetas dan setelah 2 minggu berlalu, tukik akan dilepaskan di pantai. Pengunjung juga bisa berpartisipasi melepaskan tukik ke pantai. Tukik-tukik itu pada nantinya akan kembali ke Pantai Sukamade untuk menyimpan telurnya. Tapi sayangnya, dari ribuan tukik yang dilepas, mungkin hanya sedikit jumlahnya yang mampu bertahan hingga dewasa dan kembali bertelur di Pantai Sukamade akibat banyak sekali predator alami di lautan maupun diburu oleh manusia.

Pantai Sukamade Surganya Para Penyu

Pantai Sukamade Surganya Para Penyu


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai Sukamade Surganya Para Penyu"

Posting Komentar