.

.
EsokHariNanti

Air Terjun Antrukan Pawon

Air Terjun Antrukan Pawon
Antrukan pawon merupakan aset wisata alam Gucialit yang masih alami. Letaknya sekitar 25 Km barat laut dari pusat kota Lumajang tepatnya di Desa Kertowono, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang. Lokasinya lumayan menantang untuk dilewati dengan melewati jalan menanjak selama perjalanan, jalanan berbatu, dan jalan setapak khas ala pegunungan. Butuh jiwa adventure untuk sampai ditempat seperti ini.

Air Terjun Antrukan Pawon

Namun dengan trek yang lumayan berat, pemandangan disana sangat memukau. Dalam menyusuri bukit dan menuruni lereng menuju lembah dimana antrukan ini berada, kita disuguhkan pemandangan alam yang indah. Panorama landscape dataran tinggi perkebunan teh yang membentuk pola tertentu membuat perjalanan lebih berwarna. Tak akan terasa lelahnya karena sesekali kita bisa melihat derasnya aliran air sungai dibawah lembah yang menyejukkan mata.

Air Terjun Antrukan Pawon
Trek semakin terjal dan curam selepas kita berpisah dengan jalan warga dan menuruni lembah. Meskipun tidak hujan, jalan disini sangat licin karena tanahnya liat berpasir. Jangan berharap ada tangga beton, toilet, kamar mandi, gazebo, atau fasilitas yang lain disini! Kawasannya masih belum tersentuh infrastruktur pariwisata yang memadai. Intinya masih alami .


Air Terjun Antrukan Pawon
Setelah sekitar 30 menit berjalan, kita akan memasuki bibir goa dan masuk kedalamnya. Air terjun terlihat jatuh deras kebawah menimbulkan gemuruh air yang menenangkan jiwa. Airnya jernih, dingin, dan segar. Mandi dibawah dan mengarahakan badan kita pada air terjun dipercaya dapat menjadi pijat refleksi penyembuhan berbagai macam penyakit.

Air Terjun Antrukan Pawon
Air Terjun Antrukan Pawon
Air Terjun Antrukan Pawon

Indah mempesona air terjun ini dengan batuan berlapis-lapis dan semak hijau tajam memang terbukti adanya. Terlebih bentuknya yang unik seperti tumang pawon desa memberikan kesan eksekutif bagi pengunjungnya. Bentuk iniah yang memberikan label nama antrukan pawon ini. Yang mana antrukan pawon ini berasal dari ’antrukan’ yang berarti air terjun dan ’pawon’ yang artinya dapur.

Air Terjun Antrukan Pawon

Air Terjun Antrukan Pawon
Disana juga terdapat batuan besar yang biasa digunakan untuk duduk santai menikmati keindahan air terjun ini. Kita bisa mengambil foto yang keren disini berlatarkan goa dan air terjun. Alternatif lain ketika cerah kita bisa melihat tekstur goa yang indah membentuk rongga alami akibat abrasi air terjun. Proses abrasi air inilah yang juga menurutku membentuk lubang dalam goa ini. Lubang yang terbentuk berukuran sekitar 7 meter menunjukan proses abrasi yang sangat lama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Terjun Antrukan Pawon"

Posting Komentar