.

.
EsokHariNanti

Operator dalam Pemrograman Java

Operator dalam Pemrograman Java

Dalam Java, ada beberapa tipe operator. Ada operator aritmatika, operator relasi, operator logika, dan operator kondisi. Operator ini mengikuti bermacam-macam prioritas yang pasti sehingga compilernya akan tahu yang mana operator untuk dijalankan lebih dulu dalam kasus beberapa operator yang dipakai bersama-sama dalam satu pernyataan. Berikut adalah dasar operator aritmatika yang dapat digunakan untuk membuat suatu program dalam Java:

Operator dalam Pemrograman Java

Bahasa Pemrograman Java mengidentifikasikan 8 tipe data primitif. Mereka diantaranya adalah boolean, char, byte, short, int, long, double dan float.

Tipe data boolean diwakili oleh dua pernyataan yaitu true atau false. Tipe data char (karakter) diwakili oleh satu unicode. Tipe data ini mempunyai ciri dimana dia harus berada dalam single quote („..‟). Sedangkan String bukan merupakan tipe data primitif. String mewakili tipe data yang terdiri dari beberapa karakter. String harus dituliskan dalam tanda double quote (“ “).

Tipe-tipe data integral memiliki bentuk default int. Anda dapat mengubahnya ke dalam bentuk long dengan menambahkan huruf L atau l. Tipe data integral memiliki range sebagai berikut:

Operator dalam Pemrograman Java

Tipe data floating point memiliki double sebagai tipe data defaultnya. Tipe data floating point memiliki range sebagai berikut:

Operator dalam Pemrograman Java

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Operator dalam Pemrograman Java"