.

.
EsokHariNanti

Tipe Data C++



Tipe Data

Tipe data merupakan bagian program yang paling penting karena tipe data mempengaruhi setiap perintah yang akan dilaksanakan oleh komputer. Sebagai contoh: variabel x yang bertipe data integer mempunyai nilai 13 akan dibagi oleh y yang bernilai 4 yang bertipe data integer pula, maka hasil pembagiannya adalah 4. Mengapa 13 dibagi 4 bukan 3.25?.......Karena variabel x dan y keduanya bertipe integer maka hasil operasinya akan menghasilkan nilai  yang  bertipe  integer  pula,  namun jika keduanya  bertipe float  maka  akan  menghasilkan  nilai  pecahan  yaitu 3.25. Tipe data merupakan bagian program yang paling penting karena tipe data mempengaruhi setiap perintah yang akan dilaksanakan oleh komputer. Sebagai contoh: variabel x yang bertipe data integer mempunyai nilai 13 akan dibagi oleh y yang bernilai 4 yang bertipe data integer pula, maka hasil pembagiannya adalah 4. Mengapa 13 dibagi 4 bukan 3.25?....... Karena variabel x dan y keduanya bertipe integer maka hasil operasinya akan menghasilkan nilai  yang  bertipe  integer  pula,  namun jika keduanya  bertipe float  maka  akan  menghasilkan  nilai  pecahan  yaitu 3.25. Tipe bilangan bulat adalah tipe yang memiliki keterurutan. Ini artinya, bila sebuah nilai bilangan bulat diketahui,  nilai  sebelumnya  (predecessor)  dan  nilai  sesudahnya  (successor)  dapat  ditentukan. Contohnya, predecessor dari 8 adalah 7, sedangkan  successor-nya adalah 9. Konstanta untuk nilai bertipe bilangan bulat harus ditulis tanpa mengandung titik desimal.Sebagai contoh, misalkan diberikan dua buah variabel A dan B, yang masing-masing dideklarasikan sebagai bilangan bulat dalam Bahasa C: Bilangan pecahan atau bilangan real adalah bilangan yang mengandung pecahan desimal, misalnya  3.65, 0.0003,  2.60240000E-6, .24, dan lain-lain.  Contoh pendeklarasian bilangan pecahan dalam Bahasa C     


Karakter (character)  / String

•    Tidak  seperti  tipe  bilangan  bulat  yang  digunakan  untuk  menyimpan  data  numeris,  tipe  karakter , digunakan untuk menyimpan data alfanumeris, seperti A, Z, @, $, 1, 9, &, *, dan semua kode ASCII. 
•    Pemberian nilai untuk tipe data karakter harus diberi tanda petik tunggal (berada diantara tanda petik tunggal).
•    Tipe data ini hanya dapat menampung satu karakter. Seperti  halnya  pada  tipe  bilangan  bulat,  tipe  karakter  juga  mempunyai  ketentuan    (successor  dan predecessor)  yang  ditentukan  oleh  cara  pengkodeannya  di  dalam  komputer,  misalnya  pengkodean ASCII.

Tipe Logika

•    Tipe ini merepresentasikan data-data yang hanya mengandung dua buah nilai, yaitu nilai logika (boolean). Nilai logika itu sendiri hanya terdiri dari nilai benar (1) dan salah (0), tipe ini telah dinyatakan dalam tipe bool.
•    Karena jangkauan nilai tipe boolean hanya beranggotakan dua buah nilai, maka konstanta (constant)atau tetapan yang terdapat pada tipe ini adalah true dan false

Tipe Data Bentukan

Tipe data bentukan adalah tipe data yang dibuat sendiri sesuai kebutuhan dalam program  yang akan kita buat. Tipe ini lebih dikenal dengan sebutan dalam bahasa asing (USER DEFINED TYPES).

  1. Array Tipe larik memungkinkan pembuat program dapat mendeklarasikan kumpulan variabel yang bertipe sama (homogen). Karena larik dapat menyimpan lebih dari satu nilai dengan nama dan tipe yang sama maka untuk membedakan antara data satu dengan data lainnya digunakan indeks, pada bahasa C indeks dimulai dari 0. larik selain satu dimensi, juga dapat dideklarasikan sebagai larik multidimensi.
  1. Struktur (Struct/Rekaman) Sesuai dengan namanya, struktur adalah tipe data bentukan yang menyimpan lebih dari satu variabel bertipe sama maupun berbeda, Keyword tipe data tersebut adalah struct
  1. Pointer  adalah variabel yang menunjukkan lokasi memori (alamat dari suatu data yang disimpan) tertentu
Tipe Data Enumerasi

•    Tipe  enumerasi adalah tipe data yang nilainya terbatas pada nilai-nilai yang telah didefinisikan saja. Tipe enumerasi digunakan untuk membentuk tipe data yang nilainya bersifat pasti. Misalnya untuk mendefinisikan tipe jenis kelamin, nama hari, warna primer dan sebagainya.
•    Keyword à enum




SUPPORT BY





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Data C++"

Posting Komentar